Setir Pintar untuk Mobil Berukuran Kecil
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 4 Juli 2011 12:01 WIB
KOnsep setir lipat yang dikembangkan TRW Automotive. Gambar: gizmag.com

TEMPO Interaktif, Michigan - Mobil berukuran kecil, mobil hemat bahan bakar, atau mobil listrik yang rata-rata berukuran kecil akan menjadi mobil pilihan orang di masa mendatang. Jalanan yang sesak dengan kendaraan, lahan parkir yang semakin menyusut, serta bahan bakar yang semakin langka menjadi alasannya.

Hanya, mobil kecil–yang ada saat ini–kerap terlihat kurang nyaman. Pasalnya, ruang yang terbatas seakan penuh sesak dengan roda kemudi atau setir. Alhasil, pengemudi yang keluar-masuk mobil perlu upaya ekstra. Namun, kini kendala itu segera teratasi.

Seperti dilansir gizmag.com dan crazyengineers.com, Senin, 4 Juli 2011, para insinyur di perusahaan komponen TRW Automotive di Michigan, Amerika Serikat, tengah mengembangkan roda kemudi khusus untuk mobil jenis itu.

“Roda kemudi pintar yang bisa dilipat dan disetel,” begitulah peranti itu dinamakan.

Ya, roda kemudi yang berukuran kecil itu bisa dilipat dan masuk ke dashboard mobil saat pengemudi menghentikan mobil dan memarkirnya sehingga kabin menjadi lebih lapang dan pengemudi bisa leluasa keluar masuk kendaraan.

“Sebaliknya, peranti itu akan muncul dan dalam posisi siap dikemudikan begitu pengemudi mengaktifkan mesin mobil,” bunyi pernyataan TRW Automotive.

Manuel Poyant, Manajer Pengembangan di pabrikan itu, mengatakan setir pintar itu berukuran kecil dan hanya berupa seperenam bagian, masing-masing di kiri dan kanan. Hal itu disesuaikan dengan ruang di dashboard mobil sebagai tempat penyimpanannya.

Dia menyebutkan bahwa setir yang bisa dilipat dan disetel secara otomatis itu kemungkinan besar mulai dipasang di mobil mungil pada lima tahun mendatang.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi