Ini 5 Penyebab Mobil Rem Blong, Salah Satunya Soal Minyak Rem
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Jobpie Sugiharto
Selasa, 19 Juli 2022 14:51 WIB
Petugas mengevakuasi sejumlah kendaraan yang mengalami kerusakan akibat kecelakaan di Jalan Transyogi, Cibubur, Bekasi, Jawa Barat, Senin, 18 Juli 2022. Menurut Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman sebanyak 11 orang meninggal dunia dalam kecelakaan truk pengangkut BBM yang mengalami rem blong dan menabrak sejumlah kendaraan. ANTARA/Asprilla Dwi Adha

GOOTO.COM, Jakarta - Rem blong adalah satu kondisi sistem pengereman mobil atau sepeda motor tidak berfungsi normal. Tidak sedikit juga kecelakaan yang terjadi di jalanan diakibatkan malfungsi rem alias mobil rem blong.

Mobil rem blong bisa dihindari dengan memeriksa kondisi mobil sebelum menggunakannya. Namun ketika mobil jarang mendapatkan perawatan, hanya perlu menunggu waktu saja hingga rem blong muncul.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan mobil rem blong. Berikut rinciannya, dilansir dari laman Auto2000 hari ini, Selasa, 19 Juli 2022:

1. Kurangnya Minyak RemPenyebab utama mobil rem blong adalah kurangnya minyak rem. Kondisi ini membuat sistem pengereman menjadi samakin sulit untuk dikendalikan. Pastikan ketersediaan minyak rem mobil cukup.

2. Kualitas Minyak Rem BurukMinyak rem mobil ada berbagai macam merek yang kualitas berbeda-beda. Penggunaan minyak rem kualitas buruk dapat mempengaruhi suhu. Saat suhunya terlalu tinggi dapat menimbulkan mobil rem blong.

3. Uap AirRem mobil blong bisa juga dipengaruhi uap air. Ketika ada udara masuk ke dalam sistem pengereman, maka akan muncul uap air. Uap air yang muncul dari proses oksidasi ini dapat mengganggu sistem pengereman dan bisa membuat minyak rem terasa panas.

Saat minyak rem panas, sistem pengereman pun terganggu sehingga tekanan di dalamnya turun. Walhasil, rem mobil tidak berfungsi dengan optimal.

4. Sering Menginjak Pedal Rem Terlalu LamaKebiasaan pengemudi menginjak pedal rem mobil terlalu lama juga bisa menyebabkan mobil rem blong. Masalah ini muncul karena adanya gaya gesek antara pedal dengan kaki secara terus menerus.

Akibatnya, kaliper menjadi panas dalam jangka waktu yang lama. Apabila dibiarkan terus panas, maka hal ini bisa menyebabkan rem mengalami disfungsi hingga bisa menyebabkan rem blong.

5. Jarang DirawatJarang merawat sistem pengereman juga menyebabkan mobil rem blong. Perawatan sistem pengereman ini memang tidak boleh dilewatkan karena komponen ini memiliki fungsi sangat penting dalam menjaga keselamatan pengemudi dan penumpang selama perjalanan. 

BacaJangan Panik, 6 Cara Mengatasi Rem Blong Saat Berkendara

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto. 

#Rem Blong
#Mobil Rem Blong
#Auto2000
#Minyak Rem
#Rem Mobil

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi