Max Verstappen Juara F1 GP Belgia Meski Balapan Dibatalkan
Reporter: Antara
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 30 Agustus 2021 06:16 WIB
Gambaran umum Grand Prix Belgia di Sirkuit Spa-Francorchamps yang diliputi cuaca buruk, Minggu (29/8/2021) (ANTARA/REUTERS/Christian Hartmann)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Max Verstappen (Red Bull) dinyatakan sebagai juara Fomula 1 Grand Prix Belgia. Seri ini penuh dengan drama karena cuaca hujan deras yang mengguyur lintasan. Balapan terpaksa ditunda lebih dari tiga jam karena genangana ir yang cukup dalam di lintasan sebelum akhirnya dihentikan karena kondisi trek yang membahayakan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Balapan sedianya dimulai Minggu pukul 15:00 namun hujan lebat dan kondisi trek yang membahayakan menunda start GP Belgia.

Sergio Perez (Red Bull) menjadi korban cuaca buruk di Spa ketika ia kehilangan kendali mobilnya dan menabrak pagar pembatas di Les Combes. Pembalap Meksiko tersingkir lebih dini karena kerusakan suspensi depan mobilnya cukup parah, tak memberikan cukup waktu bagi kru tim Red Bull memperbaikinya.

Kondisi trek yang tak semakin membaik menunda kembali start setelah Safety Car sempat memandu mobil-mobil kompetitor menjalani formation lap sebelum akhirnya kembali ke garasi masing-masing.

Steward pada akhirnya memutuskan start ulang pada pukul 18:17 waktu setempat meski hujan belum juga reda dengan limit satu jam tersisa.

Hanya separuh poin balapan tersedia bagi pembalap apabila balapan berjalan antara dua lap dan 75 persen dari jarak asli, yaitu 44 lap.

Direktur balapan Michael Masi mengonfirmasi balapan berjalan 39 putaran saja dengan 53 menit tersisa.

Akan tetapi, kondisi trek dan cuaca tak semakin membaik dan para pembalap tak memiliki visibilitas yang baik, demikian pula ban dan rem yang tak bisa dipanaskan bisa membahayakan.

Race director memutuskan menghentikan balapan lagi dan para pembalap kembali ke pit.

Setelah cuaca tak memungkinkan untuk menggelar balapan, GP Belgia terpaksa dibatalkan dan Verstappen, yang start dari pole position, dinyatakan sebagai juara mendapat 12,5 poin karena syarat minimal lap terpenuhi.

George Russell (Inggris) yang start dari P2 meraih finis podium perdananya di F1 berseragam tim Williams, sementara pemuncak klasemen sementara Lewis Hamilton (Mercedes/Inggris) membawa pulang 7,5 poin di P3, demikian laman resmi Formula 1.

Dengan hasil tersebut, Verstappen memangkas defisit delapan poin dari Hamilton menjadi tiga poin di klasemen.

"Sangat disayangkan tak bisa menjalani lap yang pantas, tapi kondisinya sangat membahayakan di luar sana, visibilitasnya rendah," kata Verstappen.

"Hujan tak berhenti, tentunya ini adalah kemenangan tapi bukan dengan cara yang Anda inginkan."Daniel Ricciardo finis P4 untuk McLaren di saat rekan satu timnya, Lando Norris berada di luar zona poin ketika finis P14 menyusul penalti karena mengganti girboks setelah sang pebalap Inggris mengalami kecelakaan hebat di sesi kualifikasi.

Sebastian Vettel melengkapi peringkat lima besar untuk Aston Martin diikuti pebalap AlphaTauri Pierre Gasly di P6.

Juara GP Hungaria Esteban Ocon berhak atas P7 di saat duet Ferrari Charles Leclerc dan Carlos Sainz finis sepuluh besar di P8 dan P10, mengapit Nicholas Latifi yang untuk kedua kalinya musim ini mempersembahkan poin untuk Williams.

Valtteri Bottas finis P12 setelah mendapat penalti lima grid karena menjadi penyebab insiden tabrakan beruntun di Hungaria.

Max Verstappen akan disambut para fan Oranye saat F1 berlanjut ke Sirkuit Zandvoort, Belanda, pekan depan.Baca juga: Kualifikasi F1 Belgia: Max Verstappen Pole, George Russell Kedua

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi