4 Cara Mundur yang Aman Saat Mengendarai Mobil Manual
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Sabtu, 25 September 2021 15:00 WIB
Ilustrasi kabin mobil. (Auto2000)

GOOTO.COM, Jakarta - Saat mengendarai sebuah mobil, tentunya pengemudi tidak hanya melajukan kendaraannya ke depan. Akan tetapi, ada situasi di mana mereka juga harus memundurkan mobilnya, khususnya saat parkir.

Bagi beberapa pengemudi yang baru belajar, mungkin agak sedikit mengalami kesulitan untuk mundur saat mengendarai mobil manual. Karena, Anda wajib memerhatikan situasi sekitar, sekaligus kopling dan pedal gas.

Memundurkan kendaraan ini nyatanya memerlukan sedikit feeling agar tetap aman. Rasa yang harus dimiliki pengemudi itu salah satunya adalah perkiraan jarak antar mobil hingga putaran setir.

Bagi para pengemudi yang belum piawai memundurkan mobil, maka tidak perlu khawatir. Karena dalam kesempatan ini, redaksi Gooto.com bakal menghadirkan 4 tips mundur yang aman saat mengendarai mobil manual, dilansir dari Auto2000.

1. Injak Pedal Kopling

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kopling juga tetap harus dijaga saat memundurkan mobil. Tips awal untuk membuat mobil mundur adalah dengan menginjak pedal kopling secara penuh agar pengemudi bisa memasukkan gigi.

2. Masukkan ke Gigi R

Ketika kendaraan masih berada di posisi netral, langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan gigi R. Pengemudi diminta untuk menggerakkan persneling ke arah kanan, lalu ke bawah.

3. Lepas Kopling

Lalu Anda diminta untuk melepaskan kopling secara perlahan. Secara bersamaan, pengemudi juga diminta untuk melihat situasi yang ada di belakang mobil melalui kaca spion atau fitur kamera parkir.

4. Mundurkan Mobil

Jika situasi sekitar mobil sudah aman, maka sang sopir bisa menginjak pedal gas pelan-pelan untuk memundurkan kendaraannya. Anda juga diminta untuk mengecek sudut belok pada setir, agar tidak terlalu dekat dengan mobil lainnya.

Baca: Tips Mengecek Kondisi Air Reservoir pada Wiper Mobil

AUTO2000

#Mobil
#Mundur
#Tips
#Mobil Manual
#Auto2000

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi