Pembalap Kulit Hitam Tim Michael Jordan Juarai Balap Mobil NASCAR
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Jobpie Sugiharto
Rabu, 6 Oktober 2021 13:28 WIB
Pembalap asal Amerika Serikat, William Darrel 'Bubba" Wallace Jr. alias Bubba Wallace. thedrive.com
Iklan
Iklan

TEMPO.CO, Jakarta - Pembalap asal Amerika Serikat, William Darrel 'Bubba" Wallace Jr. alias Bubba Wallace berhasil menjadi orang kulit hitam pertama yang jadi juara balap mobil NASCAR sejak NASCAR HOF.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebenarnya ini bukan kemenangan orang kulit hitam pertama karena pada 1963 Wendell Scott berhasil meraih gelar NASCAR HOF.

"Bubba Wallace menjadi driver kulit hitam pertama yang menang balapan Seri Piala NASCAR sejak #NASCARHOF yang dicapai Wendell Scott di 1963," tulis akun Twitter NASCAR, seperti dikutip Tempo hari ini, Rabu, 6 Oktober 2021.

Kemenangan ini hasil penantian panjang Wallace ketika laga dinyatakan selesai menempuh 118 dari total 188 lap. Ini sekaligus menjadi catatan sejarah karir pertama Bubba Wallace di seri NASCAR bersama tim 23XI Racing milik Michael Jordan.

"Tahun ini banyak cemooh yang saya dapatkan dengan alasan berbeda dan itu sangat sulit diterima. Tapi saya menghargai semua orang yang ada di sana, terima kasih sudah mendukung sepanjang karir saya, terutama dalam perjalanan selama 15 hingga 16 bulan terakhir," kata Wallace, dikutip dari Autoblog.

Kemenangan Bubba Wallace penting bagi budaya balap mobil populer NASCAR, yang didominasi orang kulit putih yang identik dengan simbol konfederasi Amerika.

Prestasi pembalap Wallace mendapatkan apresiasi dari pemilik tim yang juga mantan bintang basket dunia Michael Jordan.

Dalam cuitannya, Michael Jordan menyatakan sangat senang dengan raihan Wallace dan tim 23XI Racing.

"Ini tonggak besar dan kemenangan bersejarah bagi kami. Sejak kami mengontraknya, saya tahu Bubba memiliki bakat untuk menang, dan saya tidak bisa lebih bangga padanya," kata Michael Jordan soal hasil balap mobil NASCAR terbaru.

DICKY KURNIAWAN | AUTOBLOG

Baca: Model Lingerie Ini Menjadi Pembalap Penuh NASCAR

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi