F1 GP Austin: Max Verstappen Pole, Lewis Hamilton Kedua
Reporter: Antara
Editor: Wawan Priyanto
Minggu, 24 Oktober 2021 06:52 WIB
Pembalap Red Bull Max Verstappen. REUTERS/Andrew Couldridge

GOOTO.COM, JakartaPembalap tim Red Bull Racing, Max Verstappen, sukses meraih pole position atau start terdepan di Grand Prix Amerika Serikat. Pembalap asal Belanda itu mengalahkan Lewis Hamilton (Inggris/Mercedes) pada sesi kualifikasi yang digelar Sabtu waktu setempat, 23 Oktober 2021. 

Pole itu merupakan kesembilan kalinya bagi Verstappen musim ini dan bakal membuka potensi pertarungan ketat dengan sang juara dunia tujuh kali pada balapan nanti.

Pembalap yang menang di Austin selalu start dari baris terdepan sejak grand prix pertama di Circuit of the Americas digelar pada 2012, dan Verstappen merupakan pembalap non-Mercedes pertama yang mengambil pole sejak dimulainya era mesin hybrid turbo V6 pada 2014.

"Gerimis turun di akhir lap saya dan saya tidak yakin bisa bertahan tapi meraih pole ini luar biasa," kata Verstappen, yang mencetak satu menit 32,910 detik demi mengalahkan Hamilton dengan jarak 0,209 detik di kualifikasi.

"Saya rasa kami telah menjalani sejumlah pertarungan hebat musim ini jadi saya menantikan itu lagi," kata Verstappen yang mengantongi keunggulan enam poin atas Hamilton di klasemen.

Sementara itu Hamilton, lima kali menang di Austin, mengatakan ia senang dengan catatan waktunya tapi "Saya rasa itu yang terbaik yang kami miliki."

Rekan satu tim Verstappen, Sergio Perez mengincar pole perdana dalam kariernya setelah tampil tercepat di sesi latihan tapi harus puas dengan posisi start ketiga di grid.

Sang pebalap Meksiko, yang mendapat dukungan sebagian besar 120.000 penonton yang hadir saat dia memuncaki catatan waktu, menjadi yang tercepat di flying lap pertama tapi ia tidak dapat mempertahankan posisinya saat Hamilton dan Verstappen tampil lebih kencang.

Perez akan ditemani oleh Charles Leclerc yang melengkapi baris kedua dengan mobil Ferrarinya.

Rekan satu tim Hamilton, Valtteri Bottas finis keempat di kualifikasi tapi harus mundur ke P9 karena penalti buntut penggunaan mesin yang melebihi alokasi dalam satu musim.

Baris ketiga dihuni oleh pembalap Ferrari lainnya Carlos Sainz dan pembalap McLaren Daniel Ricciardo, yang diikuti rekan satu timnya, Lando Norris dan pebalap AlphaTauri Pierre Gasly, demikian Reuters.Rivalitas antara Max Verstappen Vs Lewis Hamilton akan menjadi sorotan utama pada seri Amerika ini. Max saat ini memimpin klasmen sementara Formula 1 dengan total 262,5 poin, sedangkan Lewis berada di posisi kedua dengan total 256,5 poin. 

Baca juga: Sebastian Vettel Dihukum Mundur 10 Posisi karena Ganti Mesin di GP Austin

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-installaplikasi Telegram terlebih dahulu

#Max Verstappen
#Lewis Hamilton
#Formula 1
#Formula 1 Amerika Serikat
#Sergio Perez
#Carlos Sainz
#Valtteri Bottas

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi