Motor Terbang XTurismo Limited Edition Sudah Dijual, Harganya Rp 9,6 Miliar
Reporter: Non Koresponden
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 27 Oktober 2021 17:00 WIB
Motor Terbang XTurismo Limited Edition. (Foto: Autoblog)

GOOTO.COM, JAKARTA — Startup drone asal Jepang, A.L.I. Technologies, telah memulai penjualan hoverbike atau motor terbang XTurismo Limited Edition pada Selasa, 26 Oktober 2021, waktu setempat.

Kendaraan seharga 77,7 juta yen atau setara dengan Rp 9,6 miliar ini akan dilengkapi dengan mesin konvensional empat motor bertenaga baterai. Perusahan mengklaim motor ini bisa terbang selama 40 menit hingga 100 kph (62 mph).

"Hingga saat ini pilihannya bisa bergerak di darat atau dalam skala besar di angkasa. Kami (perusahaan) berharap dapat menawarkan metode pergerakan yang baru," ujar Chief Executive Daisuke Katano, dikutip Gooto.com dari Reuters.

Sepeda motor dengan baling-baling ini memiliki warna hitam dan merah dengan mesin bertumpu pada selip pendaratan saat stasioner.

Ditambah pendukung kelas berat industri Mitsubishi Electric dan Kyocera, start up ini telah mendemonstrasikan motor terbang ini dengan penerbangan pendek beberapa meter. Itu dilakukan dari tanah di trek balap dekat Gunung Fuji, Jepang, pada tanggal yang sama.

Katano menyatakan bahwa penggunaan kendaraan ini akan dibatasi, ditambah dengan tidak adanya izin untuk terbang di jalan raya Jepang. Akan tetapi, akan diperbolehkan untuk tim penyelamat dalam keadaan darurat yang lokasinya sulit dijangkau.

Peraturan ketat di Jepang yang didorong oleh masalah keamanan telah menghambat pertumbuhan sektor-sektor seperti berbagi perjalanan. Katano menambahkan bahwa perubahan aturan yang tertunda dapat memperluas aplikasi potensial motor terbang.

Baca: Diproduksi 5 Unit, Motor Terbang Lazareth Dibanderol Rp 8 Miliar

HEDWIGE | REUTERS | AUTOBLOG

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-installaplikasi Telegram terlebih dahulu.

#Motor Terbang
#Sepeda Motor
#Harga Motor
#Kendaraan
#Jepang

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi