Asia Talent Cup di Sirkuit Mandalika Dikabarkan Batal, IMI Berikan Penjelasan
Reporter: Tempo.co
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 16 November 2021 11:43 WIB
Sejumlah pembalap melaju pada Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) atau MotoGP Junior di Pertamina Mandalika International Street Circuit di Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu 13 November 2021. Pada IATC 2021 yang digelar di sirkuit Mandalika terdapat delapan perwakilan negara yang turut serta diantaranya Australia, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Qatar, Thailand dan Turki. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

GOOTO.COM, Jakarta - Ikatan Motor Indonesia (IMI) memberikan penjelasan terkait isu yang menyebutkan bahwa ajang balap Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021 di Sirkuit Mandalika dibatalkan. Akan tetapi hal itu dibantah oleh Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo.

Menurut pria yang akrab disapa Bamsoet tersebut, IATC bukan dibatalkan, melainkan ditunda. Wakil Ketua Umum IMI Bidang Roda Dua, Sadikin Aksa telah mendapat konfirmasi dari pihak Dorna Sports dan Mandalika Grand Prix Ascosiation (MGPA), bahwa putaran final ATC akan berlangsung pekan depan.

Awalnya, IATC bakal digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada Minggu, 14 November 2021. Akan tetapi, persiapan yang belum matang membuat balapan diundur pekan depan, atau tepatnya pada 19-21 November 2021.

"Saya yang bertanggung jawab sebagai Ketua Umum IMI selaku regulator yang mewakili Federasi olahraga otomotif dunia di Indonesia. Dan kita akan segera memenuhi kelengkapan aspek keselamatan sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan FIM," ujar Bamsoet.

Dorna Sport menilai bahwa pihak Sirkuit Mandalika belum mampu memenuhi aspek minimum keselamatan. Beberapa laporan menyebutkan bahwa MGPA kekurangan jumlah marshal untuk menggelar balapan IATC 2021.

Bamsoet menjelaskan, peraturan The Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) pihak tuan rumah harus menyediakan minimal delapan orang marshal di setiap pos. Dirinya pun mengaku bakal melengkapi jumlah tersebut.

Sementara itu, Kepala Pemasaran MGPA Aji Aditra Perdana menjelaskan bahwa IATC 2021 di Sirkuit Mandalika bakal memainkan empat race sekaligus pada pekan depan. Itu berbarengan dengan seri balapan terakhir WorldSBK 2021.

"Sebenarnya kita punya empat race dua minggu ini dan dua minggu depan, tapi kita nanti akan satukan, empat race langsung," ujar Aji Aditra.

Baca: Dituduh Marah soal Unboxing Ilegal di Mandalika, Ducati Beri Klarifikasi

TEMPO.CO

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.

#Sirkuit Mandalika
#Asia Talent Cup
#IMI
#Bamsoet
#Mandalika

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi