Ingin Lahirkan SDM Bekualitas, AHM Siap Kembangkan Vokasi di Lombok
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 22 November 2021 15:51 WIB
AHM dukung pengembangan vokasi di Lombok. (Foto: AHM)

GOOTO.COM, Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) dikabarkan siap mendukung pengembangan vokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Mereka juga telah memonitoring dan memberikan donasi kepada dua SMK yang menerapkan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda, yakni SMK Negeri 1 Gangga dan SMK Negeri 2 Praya Tengah.

Langkah ini diambil untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul di bidang vokasi melalui penerapan kurikulum TBSM Astra Honda. AHM sendiri dikabarkan bakal mengembangkan sistem monitoring terintegrasi yang diimplementasikan secara hybrid dengan basis digital dan visitasi ke SMK.

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin menjelaskan bahwa rencana ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas implementasi kurikulum TSBM Astra Honda di semua wilayah. Nantinya para lulusan SMK juga diharapkan bisa bersaing di dunia industri.

“Dengan semangat bersinergi, kami ingin kontribusi di dunia vokasi bisa melahirkan kompetensi yang merata di semua wilayah yang ada SMK mitra binaan kami. Dukungan, monitoring program, dan apresiasi akan terus kami berikan agar SMK mitra binaan dapat bersama-sama mewujudkan link and match dunia pendidikan dan industri di Indonesia” ujar Muhib.

AHM sendiri telah melakukan program vokasi tersebut sejak 2010 lalu, yang terdiri dari pemberian materi dalam bentuk teori, praktik dan Praktik Kerja Industri (Prakerin) secara langsung di bengkel resmi Honda.

Tak hanya soal pendidikan, AHM juga turut memberikan donasi sebesar Rp 50 juta ke pihak SMK Negeri 1 Gangga yang terkena dampak bencana gempa bumi. Mereka juga ikut membantu proses pemulihan sekolah dengan memberikan seperangkat alat praktik.

AHM diketahui telah memiliki SMK mitra binaan Astra Honda sebanyak 704 sekolah dan 65 TUK. Jumlah itu tehitung hingga Oktober 2021 kemarin, dan masih ada peluang kemitraan Honda bertambah di masa mendatang.

Baca: Guru SMK di Jakarta dan Banten dapat Pelajaran soal Mesin Daihatsu

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.

#AHM
#Honda
#SMK
#Astra Honda
#Lombok
#Vokasi

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi