Drama F1 Jeddah, Lewis Hamilton-Max Verstappen Senggolan
Reporter: Antara
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 6 Desember 2021 06:29 WIB
Pebalap tim Red Bull Max Verstappen dan pebalap tim Mercedes Lewis Hamilton terlibat senggolan di Grand Prix Arab Saudi, Sirkuit Corniche, Jeddah. (5/12/2021) (ANTARA/REUTERS/AHMED YOSRI)

GOOTO.COM, Jakarta - Balap Formula 1 Grand Prix di Jeddah, Arab Saudi, dimenangkan Lewis Hamilton (Mercedes). Namun, jalannya balapan kali ini diwarnai sejumlah drama. Tercatat setidaknya dua kali bendera merah (red flag) berkibar karena kecelakaan. 

Insiden menegangkanya juga terjadi antara Hamilton dengan Max Verstappen (Red Bull). Keduanya terlibat senggolan menjelang balapan berakhir. 

Drama pertama adalah balapan diulang (restart) setelah 13 putaran karena kecelakaan yang menimpa Mick Schumacher (Jerman/Haas). Kecelakaan yang alami Schumacher itu membuat pembatas sirkuit Corniche rusak dan memerlukan waktu untuk perbaikan. Putra dari Michael Schumacher itu mengalami kecelakaan di tikungan 23 dalam kecepatan yang cukup tinggi sehingga safety car dikeluarkan untuk pertama kalinya.

Duo Mercedes, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas, yang start P1 dan P2, memanfaatkan periode safety car pertama itu untuk pitstop berganti ban hard sedangkan Red Bull memilih membiarkan Verstappen di trek demi posisi terdepan.

Tiga lap berselang, race director memutuskan untuk menghentikan sementara balapan untuk melakukan perbaikan pagar pembatas yang mengalami kerusakan setelah tabrakan.

Hal itu menguntungkan Verstappen karena para pembalap diperbolehkan berganti ban baru selama periode jeda itu dan ia kini memiliki keuntungan di posisi terdepan.

Setelah restart, Hamilton mencuri pimpinan lomba namun di tikungan pertama Verstappen mengambil sisi luar demi merestorasi posisinya sedangkan Esteban Ocon (Alpine F1) merangsek ke P2.

Sementara sejumlah pembalap di belakang terlibat tabrakan, seperti ketika Charles Leclerc (Ferrari) menyenggol ban belakang mobil Sergio Perez (Red Bull) sehingga Nikita Mazepin (Haas) dan George Russell (Williams) terkena imbasnya karena berupaya melakukan manuver menghindar.

Belum genap satu lap, balapan dihentikan lagi.

Di periode red flag kedua, race director Michael Masi memutuskan mengirim Verstappen ke posisi start ketiga karena manuver ilegalnya ketika restart, yang berarti ia akan menjalani restart kedua di belakang Ocon dan Hamilton, demikian laman resmi Formula 1.Drama kembali terjadi ketika Hamilton dan Verstappen terlibat senggolan ketika balapan tinggal 10 putaran. Verstappen melambatkan mobilnya karena diperintahkan tim untuk memberikan posisi pertama kepada Hamilton setelah dia dinilai melakukan manuver ilegal sebelumnya. 

Sayangnya, saat Verstappen melambatkan mobilnya, Hamilton belum mendapatkan informasi dari tim dan tidak mengetahui bahwa Verstappen menginjak rem. Alhasil, Hamilton menabrak bagian belakang Hamilton dan menyebabkan sayap sisi kanan depannya mengalami kerusakan. 

Meski demikian, Hamilton dapat mengejar Verstappen dan menyalipnya ketika balapan tersisa 6 putaran. Pembalap Inggris itupun menjuara seri Jeddah dan menyamai posisi Verstappen di klasmen sementara dengan total 369,5 poin. 

Penentuan gelar Juara Dunia Formula 1 2021 akan dilakukan di seri terakhir di Abu Dhabi pekan depan. 

Baca juga: 4 Skenario Max Verstappen Mengunci Gelar Juara Dunia F1 di Jeddah

#Lewis Hamilton
#Max Verstappen
#Mick Schumacher
#Carlos Sainz
#Mercedes
#Red Bull

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi