Daftar Lengkap Mobil Baru yang Diluncurkan Sepanjang 2021
Reporter: Antara
Editor: Nurdin Saleh
Selasa, 28 Desember 2021 12:13 WIB
Toyota Raize 1.0T GR Sport (Toyota Indonesia)

GOOTO.COM, Jakarta - Sepanjang 2021, banyak pabrikan otomotif di Indonesia menghadirkan mobil baru guna memberikan ragam pilihan bagi masyarakat.

Tahun ini juga menjadi tahun pemulihan bagi industri otomotif setelah terhantam badai virus corona yang sempat melumpuhkan sektor ini.

Lantas, mobil apa saja yang resmi meluncur sepanjang 2021. Berikut rangkumannya, seperti dikutip dari Antara:
 
Toyota Raize
PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai market leader sepanjang tahun 2021 banyak menghadirkan jajaran kendaraan baru di antaranya adalah Toyota Raize yang kehadirannya sangat ditunggu oleh konsumen Indonesia.
 
SUV lima penumpang ini hadir dalam 6 varian, yaitu Raize 1.2 G M/T, Raize 1.2 G CVT, Raize 1.0 Turbo G M/T, Raize 1.0 Turbo G CVT, Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT, dan Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS (Toyota Safety Sense).
 
All New Avanza
Selain Toyota Raize, PT TAM juga menghadirkan kendaraan yang memang menjadi buruan masyarakat Indonesia, yakni Toyota Avanza dan juga Toyota Veloz yang hadir dengan konsep baru.
 
Tidak hanya menyuguhkan konsep yang lebih kekinian, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih yang dapat memudahkan konsumen untuk mengendarai kendaraan ini dan juga tampil beda dibanding generasi sebelumnya.
 
All New Avanza hadir dalam empat tipe yaitu 1.3 E M/T, 1.5 G M/T, 1.5 G CVT dan 1.5 G CVT TSS (Toyota Safety Sense)
 
Toyota GR
PT TAM, tidak tanggung-tanggung untuk menghadirkan berbagai kendaraan yang menggendong label Gazoo Racing (GR) mulai dari Rush, Veloz, Agya, Fortuner dan yang menjadi buruan konsumen Indonesia adalah Yaris GR.
 
Hadir dalam jumlah terbatas untuk beberapa varian, semua mobil ini menjadi buruan para pecinta mobil Toyota di Indonesia.

Rocky
Adik dari Toyota, Daihatsu juga banyak menghadirkan ragam kendaraan baru di 2021. Salah satunya adalah Rocky yang peluncurannya berdekatan dengan Raize milik Toyota.
 
Mobil Daihatsu Rocky 1.2L tipe M M/T dibanderol Rp185,8 juta, tipe M CVT Rp202,2 juta, X M/T Rp198,7 juta, X CVT Rp215,1 juta, ADS M/T Rp206,7 juta, dan ADS CVT Rp223,1 juta.
 
All New Xenia
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi meluncurkan Daihatsu All New Xenia dalam gelaran acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, di mana kendaraan Low Multi Purpose Vehicle (MPV) ini banyak ditunggu oleh para konsumen setianya di Indonesia.
 
All New Xenia ini hadir dengan dua pilihan mesin yang berbeda, yakni mesin 1.3L dan 1.5L berteknologi NR-VE Dual VVT-i, serta transmisi CVT yang dapat meningkatkan rasa berkendara yang lebih responsif.

City Hatchback
PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan harga resmi untuk kendaraan yang baru saja diluncurkan pada awal Maret 2021 yang lalu, Honda membanderol Honda City Hatchback mulai dari Rp 289 juta on the road Jakarta.
 
Honda City Hatchback RS tersedia dalam 6 pilihan warna, di antaranya Phoenix Orange Pearl, Rallye Red, Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, Platinum White Pearl, dan varian warna terbaru adalah Meteoroid Gray Metallic.
 
City Sedan RS
All New Honda City meluncur berbarengan dengan Honda Civic RS yang diimpor dari Thailand. Honda City generasi ke-5 ini juga hadir dengan berbagai fitur unggulan serta teknologi yang semakin modern.
 
Jika kita melihat lebih dekat sedan empat pintu ini, terlihat kesan yang elegan dan simple. Tampilan yang paling mencolok adalah hadirnya desain gril depan yang terlihat sangat elegan.

Civic RS
PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan generasi ke-11 dari sedan legendaris Civic di Indonesia, hadir dengan emblem RS, tampilan sporty, dan sederet fitur canggih, termasuk teknologi keselamatan Honda SENSING.
 
All New Honda Civic RS mengusung mesin yang telah diperbarui dengan 1.5 liter DOHC VTEC Turbo, menghasilkan tenaga maksimum 178 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 240 Nm pada 4.500 rpm. Untuk menambah sensasi berkendara terdapat fitur sport mode dan econ mode.
 
All New Honda Civic RS menawarkan empat pilihan warna, yaitu Ignite Red Metallic, Meteoroid Gray Metallic, Crystal Black Pearl, dan Platinum White Pearl yang dijual dengan harga Rp 567 juta on the road Jabodetabek.
 
All New BR-V
Honda Prospect Motor (HPM) baru saja resmi meluncurkan All New Honda BR-V di Indonesia, dengan memasang target penjualan hingga 40.000 unit pada 2022.

Target itu tentu didukung dengan hadirnya fitur dan fungsionalitas yang tinggi dari sebuah kendaraan serta desain yang menambah daya tarik konsumen. 

All New Honda BR-V hadir dengan 5 pilihan warna, Premium Opal White Pearl, yang merupakan warna baru, Taffeta White, Lunar Silver Metallic, Modern Steel Metallic, dan Crystal Black Pearl.
 
CR-V Black Edition
Honda Prospect Motor (HPM) juga menghadirkan pembaharuan terhadap Honda CR-V yang memiliki edisi semua hitam yang akan menjadi pilihan bagi konsumen yang ingin tampil beda dengan yang lain.
 
New Honda CR-V Black Edition merupakan tipe tertinggi dari seluruh jajaran tipe Honda CR-V yang ditawarkan di Indonesia.
 
Mobil ini didukung dengan mesin 1.5 Liter DOHC Direct Injection VTEC Turbo with Earth Dreams Technology yang menghasilkan tenaga maksimal 190 PS pada 5.600 rpm dan torsi maksimal 240 Nm pada torsi maksimal 2.000 5.000 rpm dengan tambahan di bagian eksterior berupa Dual Chrome Exhaust Pipe with New Finisher Design.

Pajero Sport
Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI) juga ikut meramaikan pasar otomotif di 2021 dengan berbagai pilihan produk dan juga penyegaran produk seperti yang dilakukan dengan Pajero Sport mereka.
 
Tipe Dakar 4×2 AT, Dakar Ultimate 4×2 AT, dan Dakar Ultimate 4×4 AT memiliki Brake Assist, Active Stability & Traction Control, Hill Start Assist (HSA), Trailer Stability Assist (TSA), dan Ultrasonic Misacceleration Mitigation System (UMS).
 
Fitur-fitur lainnya yang tersedia pada Dakar Ultimate 4×2 AT dan Dakar Ultimate 4×4 AT antara lain Adaptive Cruise Control, Forward Collision Mitigation System (FCM), Blind Spot Warning (BSW), Lane Change Assist (LCA), dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).
 
Xpander Facelift
Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) menjadi tempat yang penting bagi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) untuk meluncurkan New Xpander dan Xpander Cross di pasar Indonesia.

Mitsubishi New Xpander hadir dalam tujuh varian yaitu Xpander Ultimate CVT, Xpander Sport CVT, Xpander Sport MT, Xpander Exceed CVT, Xpander Exceed MT, Xpander GLS CVT, Xpander GLS MT.
 
New Xpander tipe terendah dibanderol Rp 228 juta, sedangkan tipe tertinggi dijual dengan harga Rp 272.5 juta. 
All New Ertiga
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) beberapa waktu yang lalu pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) resmi menghadirkan kendaraan yang diperbaharui, yakni All New Ertiga.
 
All New Ertiga Suzuki Sport FF menggunakan platform Heartect yang ringan namun kokoh dan mesin K15B berkapasitas 1.462 cc yang menghasilkan daya 104,7 PS pada putaran 6.000 rpm, serta torsi maksimal 138 Nm pada putaran 4.400 rpm.
 
All New Ertiga Suzuki Sport FF tersedia dalam pilihan transmisi manual (MT) dan otomatis (AT) serta hanya memiliki satu pilihan warna yaitu White and Black (two tone). Mobil ini dibanderol Rp 258.350.000 untuk varian MT dan Rp 268.150.000 untuk varian AT OTR Jakarta.

Wuling Almaz RS
Wuling Almaz hadirkan penyegaran terbaru melalui hadirnya teknologi Internet of Vehicle (IoV), Advanced Driver Assistance System (ADAS), serta didukung perintah suara canggih berbahasa Indonesia pertama, Wuling Indonesian Command (WIND) serta dilengkapi dengan Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) pada Almaz RS.
 
Untuk urusan dapur pacunya, Almaz RS dibekali dengan mesin bensin berkonfigurasi 4 silinder berkapasitas 1.500cc turbocharged yang menghasilkan daya maksimal 140 HP dan torsi 250 Nm.
 
Wuling Almaz RS di Indonesia, dibanderol dari Rp350,3 juta untuk varian Exclusive 7-seat dan Rp 354,8 untuk varian Pro, berstatus on the road Jakarta.
 
Confero
Wuling Motors (Wuling) resmi memberikan penyegaran pada Wuling Confero S untuk lebih bersaing di segmen kendaraan Multi Purpose Vehicle (MPV) di pasar Indonesia, dengan harga mulai Rp169,8 juta on the road DKI Jakarta.
 
Mengusung tema "The Real Spacious Family MPV", kendaraan itu mempertahankan kabin lapang yang menjadi andalan, namun ditambah serangkaian pembaruan.
 
New Confero S ditawarkan dalam lima pilihan warna, terdiri dari Carnelian Red, Pristine White, Dazzling Silver, Aurora Silver dan Starry Black. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website wuling.id. 
Kia Sonet
Kia Sonet Premiere 7 menjadi tipe tertinggi yang ditawarkan. Fitur-fiturnya adalah yang terlengkap, antara lain Head Unit dengan layar sentuh LCD 10,25 inci, yang dapat terkoneksi dengan ponsel pintar melalui multiple Bluetooth connection.
 
Selain itu,terdapat juga Android Auto, Apple CarPlay, USB & AUX termasuk kemampuan beroperasi via voice recognition, serta Qibla Direction untuk menunjukkan arah kiblat.
 
Kia Sonet 7 Seater hadir dengan enam pilihan warna, yaitu Clear White, Intelligency Blue, Intense Red, Steel Silver, Aurora Black Pearl dan Beige Gold.

Kia Grand Carnival
PT Kreta Indo Artha (KIA) sebagai distributor resmi merek Kia di Indonesia yang juga anak usaha Indomobil Group, resmi meluncurkan mobil segmen high MPV 11 penumpang All New Grand Carnival
 
All New Grand Carnival ditenagai mesin Smartstream R 2,2 liter, CRDi, DOHC, 16V, yang menyemburkan tenaga maksimal 202 PS dan torsi 441 Nm. Mesin tersebut disandingkan dengan transmisi otomatis delapan percepatan.
 
All New Kia Grand Carnival hadir dengan pilihan warna Silky Silver, Flare Red, Aurora Black Pearl, Snow White Pearl dan Astra Blue dan dibanderol Rp 886.800.000.
 
Kia Seltos
PT Kreta Indo Artha (KIA) juga menghadirkan KIA Seltos dengan dua varian yang berbeda. Dua varian terbaru tersebut terdiri dari Kia Seltos GT Line 1.4 Turbo GDI yang merupakan top of the line dari jajaran Kia Seltos serta Kia Seltos 1.5 CRDi, satu-satunya SUV kompak bermesin diesel yang ada di Indonesia pada saat ini.
 
Kedua tipe Seltos dibanderol Rp 415 juta untuk varian GT Line 1.4 Turbo GDI, serta Rp 389 juta untuk Seltos 1.5 CRDi.

Santa fe
PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) menjadikan 2021 sebagai gerbang untuk Hyundai memasuki pasar otomotif Indonesia. Pada tahun ini tidak sedikit kendaraan Hyundai meluncur, salah satunya adalah Santa Fe.
 
Hyundai New Santa Fe menjadi mobil pertama yang diperkenalkan pada April. Versi penyegaran dari Hyundai Santa Fe unj hadir dalam enam varian yakni Style, Prime dan Signature.
 
Hyundai New Santa Fe hadir dalam dua tipe powertrain yaitu, 2.5L MPi gasoline engine with 6-speed automatic transmission dan 2.2L CRDi turbo diesel engine with 8-speed automatic Dual Clutch Transmission (DCT).
 
Staria
PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi meluncurkan kendaraan roda empat segmen multi-purpose vehicle (MPV) premium yakni Hyundai Staria.
 
Staria memiliki dimensi panjang keseluruhan 5.253 mm, lebar 1.997 mm, tinggi 1.990 dan wheelbase 3.273 mm. MPV mewah tersebut hadir dengan jendela lebar di sisi kendaraan. Pada bagian belakang, jendela lebar dikelilingi oleh lampu vertikal memanjang.
 
Staria tersedia dalam berbagai warna eksterior, antara lain Creamy White, Abyss Black Pearl, Graphite Grey Metallic, dan Shimmering Silver Metallic. Sedangkan untuk warna interior, tersedia dalam pilihan Black one-tone Embroidered leather dan Brown two-tone Embroidered leather.
 
Creta
Hyundai Motors Indonesia resmi meluncurkan mobil segmen SUV Creta dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.
 
Teknologi tersebut memungkinkan Creta mencapai tenaga maksimum hingga 115 ps dengan torsi maksimum hingga 143,8 Nm. Creta memiliki empat jenis mode berkendara, yaitu Eco, Comfort, Smart, dan Sport.
 
Hyundai Creta tersedia dalam pilihan warna Creamy White Pearl, Magnetic Silver Metallic, Titan Grey Metallic, Midnight Black Pearl, Glowing Silver Metallic, Galaxy Blue Pearl, Dragon Red Pearl, Magnetic Silver Metallic with Black Roof, Dragon Red Pearl with Black Roof, dan Creamy White Pearl with Black Roof.

Nissan

Leaf
PT Nissan Motor Distribution Indonesia (NMDI) meluncurkan sebuah kendaraan listrik yang sudah lama ditunggu oleh banyak konsumen Indonesia, yakni The All-New Nissan LEAF dengan harga mulai dari Rp 649 juta on the road Jakarta.
  
Nissan Indonesia akan memberikan sebuah charging portable yang akan bisa membawa rasa aman ketika saat berkendara menggunakan kendaraan The All New Nissan Leaf. 
Kriger
Perusahaan otomotif Prancis Renault resmi memboyong mobil SUV-nya, Kiger, setelah pertama kali diluncurkan secara global di India pada tanggal 15 Februari tahun ini.
 
SUV ini memiliki mode berkendara multi-sense yaitu normal-mode, eco-mode, dan sport-mode.
 
Dari dapur pacunya, Renault Kiger disokong mesin 1.000cc turbo yang efisien dan tangguh bertenaga 100 PS dan Torsi 152 NM, untuk menanggung curb weight dengan berat 1.037 Kg dan power to weight ratio 0,0964 dengan demikian dapat secara signifikan menambah ketangguhan dan kenyamanan dalam berkendara. Performa mesin juga dilengkapi dengan transmisi CVT (Continuous Variable Transmission).
 
Renault Kiger akan dibanderol dengan harga Rp 278 juta on-the-road (OTR) Jakarta. Namun, sampai akhir bulan September 2021 akan diperkenalkan harga khusus Rp 275,9 juta OTR Jakarta.

Baca Juga: 2 Segmen Mobil yang Akan Tetap Dimintai Sepanjang 2022 

#Mobil
#Toyota
#Daihatsu
#Suzuki
#Wuling
#Honda
#KIA Motors
#Hyundai
#Nissan
#Renault
#Mitsubishi

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi