Pabrik Canggih Hyundai di Bekasi Segera Berproduksi
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 14 Januari 2022 09:37 WIB
Hyundai Creta di pabrik perakitan Hyundai di Delta Mas, Bekasi, Jawa Barat, 13 Januari 2022. TEMPO/Dicky Kurniawan
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Hyundai Montor Indonesia (HMID) mengkonfirmasi bahwa pabrik baru mereka di kawasan Deltamas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, akan segera berproduksi. Model pertama yang akan diproduksi adalah Hyundai Creta pada 17 Januari 2022. Creta adalah SUV kompak yang sudah diperkenalkan pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) November 2021. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Produksi akan dimulai Januari ini, kapasitasnya 150.000 unit," kata Director Sales PT HMID Erwin Djajadiputra saat ditemui di pabrik Hyundai di Cikarang, Bakasi, Kamis, 13 Januari 2022.

Tempo berkesempatan melihat langsung proses produksi mobil Hyundai di pabrik baru ini. Saat ini pabrik tersebut sudah menjalankan tahap percobaan produksi atau trial production menjelang dimulainya produksi pertama pada pekan depan.

Di pabrik ini, ada beberapa tahapan dalam memproduksi sebuah mobil, dimulai dari press shop untuk mencetak bagian-bagian mobil. Kemudian ada body shop yang merupakan tahap perakitan bodi mobil yang terdiri dari sejumlah komponen. Lalu ada tahapan paint shop atau pemberian warna pada mobil dan terakhir ada pengecekan kualitas pada mobil yang sudah jadi.

Berdasarkan pantauan Tempo saat melakukan tur pabrik ini, terlihat mayoritas proses pembuatan mobil ini dilakukan oleh robot canggih. Setiap robot tersebut nampaknya sudah diprogram sedemikian rupa, sehingga bisa mengerjakan bagiannya masing-masing untuk memastikan proses produksi berjalan dengan lancar.

Namun ada juga beberapa pekerjaan yang dilakukan oleh manusia. Misalnya pengecekan kualitas bagian-bagian mobil, kemudian pemasangan komponen-komponen mobil seperti mesin dan lainnya, hingga pengecekan kualitas mobil dan melakukan tes jalan mobil. Kemudian setiap robot yang bekerja di pabrik ini juga diawasi oleh karyawan.

Pada tahap awal pengoperasian, pabrik ini akan memproduksi SUV terbaru Hyundai, yakni Creta. Namun dalam beberapa waktu ke depan akan ada beberapa model lain yang juga diproduksi di pabrik baru ini, yakni mobil listrik Ioniq 5 hingga SUV Santa Fe.

Hyundai Indonesia menargetkan pengiriman Creta ke konsumen akan dimulai pada awal Februari 2022. 

Baca juga: First Drive Hyundai Creta: Torsi Berada di RPM Rendah, Suspensi Lumayan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi