2 Strategi Peralihan Kendaraan Pribadi ke Transportasi Umum di Bali
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 19 Januari 2022 15:43 WIB
Penumpang menaiki bus transjakarta rute Bundaran Senayan - Kota di Kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat, 17 Desember 2021. Pemprov DKI Jakarta mengumumkan bahwa wilayah DKI Jakarta saat ini memasuki masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1. Sehubungan dengan hal ini, PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) memperpanjang jam operasionalnya. Jam operasional bus transjakarta diperpanjang hingga pukul 24.00 WIB. Sebelumnya, jam operasional yang diberlakukan adalah sejak pukul 05.00 WIB hingga 22.30 WIB. TEMPO / Hilman Fathurrahman W
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Sejauh ini sejumlah wilayah di Indonesia masih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan dengan transportasi umum, termasuk Bali. Situasi ini memunculkan dua strategi untuk mengajak masyarakat beralih ke transportasi umum.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hal tersebut diucapkan langsung oleh Head of Transportation Agency Provinsi Bali, I GW Samsi Gunarta. Dirinya menjelaskan bahwa ada beberapa cara untuk mengubah kebiasaan masyarakat tersebut.

“Saya yakin butuh waktu untuk mengubah kebiasaan masyarakat dari menggunakan kendaraan pribadi ke pelayanan publik. Kami punya dua strategi. Pertama, dengan menyediakan mil pertama dan terakhir yang terintegrasi dengan Sistem Bus.  Kedua untuk memprioritaskan Bus yang melayani pengguna sambil meningkatkan publikasi,” katanya.

Lebih lanjut, Samsi juga telah merencanakan untuk menggunakan transportasi umum berupa bus listrik di wilayah Bali. Dirinya berharap untuk memprioritaskan migrasi koridor dari kendaraan konvensional menjadi kendaraan listrik.

Samsi juga menerangkan Provinsi Bali bakal menyediakan charging station untuk bus listrik dengan engine storage system (ESS) dan solar system. Langkah ini diambil untuk menyambut misi pemerintah nol karbon.

“Ya, kami sedang menuju ke sistem itu, jika tidak, pasokan listrik kami didominasi oleh sumber yang tidak berkelanjutan,” ucap Samsi dalam acara virtual yang berlangsung hari ini, Rabu, 19 Januari 2022.

Baca: Valentino Rossi Dipastikan Tampil di Ajan Balap Mobil GT World Challenge

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi