MotoGP 2022: Yamaha Bertekad Pertahankan Gelar Juara Dunia
Reporter: Antara
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 4 Februari 2022 20:10 WIB
Tim pabrikan Yamaha resmi merilis motor baru yang akan digeber Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli untuk MotoGP 2022. motogp.com
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Tim Monster Energy Yamaha siap memulai musim baru MotoGP 2022 dan mempertahankan gelar juara dunia saat tim pabrikan Jepang itu meluncurkan livery motor baru mereka pada Jumat, 4 Februari 2022, di Sepang, Malaysia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Warna livery motor tunggangan Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli tahun ini serupa dengan tahun lalu yang merupakan kombinasi warna hitam dan biru serta logo cakar hijau dari sponsor minuman berenergi Monster.

"Menjadi juara dunia bertahan itu memiliki tekanan tambahan," kata direktur tim Massimo Meregalli dalam laman resmi Yamaha.

"Kami sangat paham bahwa memenangi kejuaraaan satu kali itu relatif mudah ketimbang memenanginya untuk kedua kali secara beruntun.

"Jadi tekanannya banyak. Kami mulai dari nol lagi, dan kami punya musim yang panjang dengan 21 GP dalam kalender. Kami tidak boleh terlena dengan masa lalu, kami harus fokus kepada tugas di depan kami dan terus bergerak apabila kami ingin finis pertama lagi."

Setelah enam musim puasa gelar, Yamaha kembali menjadi juara dunia pada 2021 berkat Quartararo, yang mencetak lima kemenangan sebelum mengamankan titel pertamanya dengan tim pabrikan itu setelah menggantikan Valentino Rossi.

Yamaha finis kedua dalam klasemen konstruktor di belakang Ducati musim lalu. Dan Quartararo tetap bersama skuad tersebut untuk 2022 berbekal kontrak berdurasi dua tahun yang dia teken pada 2020.

Sang pembalap Prancis tak akan mengenakan nomor 1 pada motornya dan tetap memilih angka 20 yang sering dia gunakan.

Bergabung dengan Quartararo, runner-up 2020 Franco Morbidelli dipromosikan dari tim Petronas SRT saat GP San Marino tahun lalu.

Tim Monster Energy Yamaha Untuk MotoGP 2022. motogp.com

Morbidelli ditarik untuk menggantikan Maverick Vinales yang hengkang dari Yamaha di tengah musim ke Aprilia.

Sang pembalap Italia menepi selama lima balapan musim lalu karena mengalami cedera lutut menjelang Grand Prix Belanda karena kecelakaan saat latihan.

Yamaha awal pekan ini juga mengumumkan memperpanjang kontrak Cal Crutchlow sebagai test rider hingga 2023.

"Kami sangat beruntung memiliki jajaran pebalap yang kuat. Fabio dan Franco adalah talenta yang tidak perlu diragukan lagi, dan gaya membalap mereka cocok dengan motor kami juga," kata Meregalli.

"Salah satu dari mereka akan berupaya mengonfirmasi dominasinya di MotoGP, sedangkan yang lain akan bersemangat menunjukkan potensi sepenuhnya karena dia saat ini semakin dekat dengan pemulihan secara penuh dari cederanya, jadi kami siap bertarung."

Quartararo dan Morbidelli akan beraksi menunggangi motor YZR-M1 mereka dalam sesi tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada 5-6 Februari dan dilanjutkan di sesi tes berikutnya di Sirkuit Mandalika, Indonesia, satu pekan berselang 11-13 Februari sebelum seri pembuka musim di Qatar pada 6 Maret.

Baca juga: Fabio Quartararo Juara Dunia MotoGP 2021

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi