Mengenal Traction Control System Sepeda Motor dan Perawatannya
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 18 Februari 2022 19:46 WIB
Motor skutik All New Yamaha NMAX 155 Connected diluncurkan pada Sabtu, 21 November 2020. FOTO: Yamaha Indonesia.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaTraction Control System (TCS) merupakan fitur keselamatan yang terdapat pada sejumlah sepeda motor keluaran terbaru. Salah satunya terdapat di All New Yamaha Nmax 155 Connected ABS.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Fitur ini memiliki fungsi untuk menjaga ban dari kondisi slip sehingga pengendara tidak perlu khawatir ketika melintasi permukaan jalan yang licin seperti jalan berpasir atau yang basah akibat guyuran hujan.

“Manfaat fitur keselamatan ini membuat pengguna motor semakin enjoy dalam menjalani kegiatannya karena dapat melewati kondisi jalan yang licin tanpa khawatir ban slip,” kata Muslian, Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu), dalam keterangan resmi, Jumat, 18 Februari 2022.

Menurut Muslian, terdapat dua komponen penting dalam TCS yaitu speed sensor dan ECU. Cara kerja TCS, lanjut dia, speed sensor akan mengirimkan sinyal terkait putaran roda ke ECU. Jika terdeteksi perbedaan putaran yang berlebih pada roda belakang akibat ban slip, maka ECU akan memundurkan waktu pengapian serta menghentikan supply bahan bakar sementara.

“Hasilnya tenaga mesin dan putaran ban belakang berkurang sehingga dapat menghindari kemungkinan terjatuh akibat slip,” ujar dia.

Muslian mengingatkan bahwa fitur TCS juga memerlukan perawatan agar kinerjanya tetap maksimal. Caranya, dengan menjaga kebersihan area speed sensor yang terletak di kaki-kaki roda depan dari debu dan kotoran yang menempel. Dalam berkendara juga sebaiknya berhati-hati dan menghindari benturan yang dapat merusak perangkat speed sensor.

Lalu bagaimana cara mengetahui TCS berfungsi dengan baik?

Cek lampu indikator

Jika lampu indikator TCS di layar speedometer terus menyala, maka ada kemungkinan perangkat TCS pada motor mengalami malfungsi atau kerusakan.

Mengaktifkan fitur TCS

Aktifkan fitur TCS, kemudian posisikan motor dengan standard tengah (main stand) lalu mainkan putaran gas. Jika TCS berfungsi normal, saat pemilik motor memainkan putaran gas maka mesin akan brebet atau tersendat, hal tersebut normal karena ECU mengurangi tenaga mesin sehingga putaran roda belakang berkurang. Dan jika TCS mengalami kerusakan maka mesin tidak akan brebet atau tersendat saat gas dimainkan.

Jika fitur TCS pada motor mengalami malfungsi dengan beberapa indikasi tersebut, sebaiknya segera dilakukan pengecekan di bengkel resmi terdekat.

Baca juga: Simak 5 Fitur Unggulan All New Yamaha Nmax 155 Connected ABS

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi