Federal Oil Bangga Enea Bastianini Menangi MotoGP Qatar 2022
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 7 Maret 2022 15:37 WIB
Enea Bastianini (Gresini Racing), Sirkuit Internasional Losail, Qatar, 6 Maret 2022. (Gresini Racing)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pembalap tim Gresini Racing Enea Bastianini mencatatkan sejarah dengan menjuarai balap motor kelas utama MotoGP di Sirkuit Internasional Losail, Qatar, Minggu, 6 Maret 2022. Kemenangan ini sekaligus menjadi yang pertama bagi Bastianini setelah terjun ke kelas MotoGP sejak musim lalu.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menariknya, kemenangan pembalap asal Italia ini disambut meriah di Indonesia. Sebab, banyak sponsor yang melekat pada jaket, motor, dan helm Bastianini berasal dari Indonesia. Salah satunya adalah Federal Oil.

Executive Advisor PT Federal Karyatama dan PT ExxonMobil Lubricants Indonesia, Patrick Adhiatmadja, mengapresiasi kemenangan fenomenal perdana tim Gresini Racing MotoGP di musim 2022.  

“Kemenangan fenomenal Bastianini, dan bagi tim Gresini Racing di MotoGP Qatar ini bikin bangga Indonesia, sebab kemenangan ini sangat dinanti para penggemar balap,” kata Patrick dalam keterangan resmi, Senin, 7 Maret 2022.

Menurut Patrick, adanya Federal Oil yang sudah satu dekade mendukung tim Gresini Racing semenjak di kelas Moto2 dan kini mendukung di kelas MotoGP tentunya menjadi momentum yang emosional dan bersejarah.

”Semoga tren kemenangan ini bisa berlanjut di seri kedua di MotoGP Mandalika, dua pekan mendatang,” ujar dia.

Bastianini mengawali start dari posisi dua. Mengendarai Ducati Desmosedici GP21, ia sempat melorot ke posisi lima setelah start. Tampil cukup kalem dan santai untuk menjaga performa ban, Bastianini mampu menjaga ritme sepeda motornya dan perlahan mulai merangsek ke papan atas.

Puncaknya adalah lima lap terakhir saat dirinya mampu menyalip Pol Espargaro (Repsol Honda) di lintasan lurus dan mengambil alih pimpinan lomba. Sejak itu, ia tak terkejar lagi dan finis di urutan pertama.

Juara Dunia Moto2 musim 2020 itu menyelesaikan balapan dalam waktu 42 menit 13,198 detik, bahkan sempat bubuhkan waktu tercepat saat balapan 1 menit 54,337 detik saat lap 17, mematahkan rekor Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) yang dicetak musim 2021, 1 menit 54,491 detik.

“Perasaan saya luar biasa saat ini. Saya berusaha keras dari awal, tetapi yang paling penting adalah menyelamatkan ban untuk akhir balapan,” kata Bastianini.

”Saya melihat Pol begitu kencang di depan, tapi saya berhasil menyalip Brad Binder (KTM Factory Racing) dan kemudian di akhir, begitu saya sangat dekat dengan Pol, menyadari bahwa bisa mencoba untuk memenangkan perlombaan.”

“Saya melewatinya di tikungan satu dan dia melebar, jadi sejak saat itu semua tentang bagaimana tetap memimpin dan membawa pulang kemenangan.”

Sementara itu pembalap rookie tim Gresini Racing MotoGP, Fabio Di Giannantonio, berhasil finis di posisi 17. “Kami sedang belajar dan masih banyak yang harus dipelajari, tetapi saya harus senang dengan debut ini,” kata Di Giannantontio.

”Kami ingin banyak berkembang dan melakukannya dengan cepat, tetapi penting untuk menyelesaikan balapan pertama ini dan mengumpulkan beberapa pengalaman berharga. Kini segera fokus untuk Mandalika dan terus bekerja dengan percaya diri.”

Enea Bastianini dkk akan kembali bertarung di MotoGP Mandalika yang akan digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, 18-20 Maret 2022. 

Baca juga: Enea Bastianini Bawa Sponsor Indonesia Juara MotoGP Qatar 2022

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi