Menanti Kejutan Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio di MotoGP 2022
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Minggu, 21 November 2021 18:45 WIB
Dua pembalap Gresini Racing di MotoGP 2022, Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio (Diggia). (Foto: Gresini Racing).

GOOTO.COM, Jakarta - Gresini Racing bersama Federal Oil dipastikan hadir di MotoGP 2022 mendatang dengan menggaet duo pembalap andal, yakni Enea Bastianini dan Fabio Di Gianntonio (Diggia). Kiprah keduanya pun diharapkan bisa memberikan kejutan di ajang balap motor paling bergengsi ini.

Enea Bastianini dan Diggia sejauh ini sudah melakukan tes MotoGP Jerez pada Kamis, 18 November 2021 dan Jumat, 19 November 2021. Setelah menyelesaikan tes tersebut, keduanya diketahui memiliki keyakinan tersendiri untuk menyambut MotoGP 2022.

Pada tes MotoGP akhir yang berlangsung pada Kamis, Bastianini langsung tampil mengejutkan. Dirinya mampu menempati peringkat ke-3, dan hanya kalah cepat 0.089 detik dari pembalap tercepat, Takaaki Nakagami (LCR Honda).

Sedangkan Diggia masih mengalami kesulitan untuk menembus zona 20 besar. Pembalap berkebangsaan Italia tersebut diketahui hanya mampu menempati posisi ke-22 pada tes akhir MotoGP Jerez Kamis kemarin.

Namun dirinya mampu memperlihatkan peningkatan saat tampil di hari Jumat. Keesokan harinya, mantan pembalap Moto2 musim lalu ini mampu memperbaiki catatan waktuna dan sukses menempati peringkat ke-19.

Sayangnya, peningkatan itu tidak dilakukan oleh Bastianini. Dirinya justru harus terlempar ke posisi 8 pada tes akhir MotoGP hari Jumat. Kendati begitu, Bastianini masih tetap percaya diri untuk menyongsong MotoGP 2022.

“Angin terlalu kencang, jadi saya memilih untuk tidak membuang hal-hal baik yang telah kami lakukan. Kami selalu cepat, bahkan dalam kecepatan balapan. Kami tidak mengubah set-up: kami hanya melakukan sedikit perubahan agar lebih nyaman di atas motor. Saya harus mengakui bahwa saya cepat bahkan dengan angin, yang merupakan kondisi yang tidak cocok untuk saya,” katanya, dikutip dari laman resmi Gresini Racing.

Sementara itu, Diggia mengaku mendapatkan pertanda positif untuk berkembang bersama Gresini Racing di MotoGP 2022. Hal itu tak terlepas dari peningkatan yang ia perlihatkan pada tes MotoGP Jerez beberapa hari lalu.

“Pertama-tama kami memulai dengan kaki kanan: kami turun ke trek pagi ini dan segera melakukan lap secepat waktu terbaik kemarin. Ini adalah tanda positif, karena itu berarti saya mulai sedikit memahami motor ini,” kata Diggia, dilansir dari situs resmi Gresini Racing.

“Hari kedua kami bekerja sedikit dengan elektronik, yang kemungkinan akan menjadi kunci di MotoGP. Ini semua baru bagi saya, tetapi kami meningkatkan perasaan dengan motor. Sayang sekali untuk cuaca angin, karena itu agak mengganggu saya,” lanjut dia.

Penampilan Bastianini dan DiggiaPembalap Gresini Racing saat tes MotoGP Jerez. (Foto: Gresini Racing)

Enea Bastianini mungkin akan lebih diandalkan Gresini Racing pada MotoGP 2022. Bagaimana tidak, dirinya lebih memiliki pengalaman bertarung di kasta tertinggi ajang balap motor dunia ketimbang rekan barunya, Fabio Di Giannantonio.

Bastianini diketahui telah merasakan sengitnya persaingan di MotoGP selama satu musim. Hasilnya pun bisa dikatakn cukup baik, di mana dirinya berhasil menempati posisi ke-11 klasemen akhir MotoGP 2021.

Penampilan terbaiknya pun diperlihatkan dalam enam seri balapan terakhir MotoGP 2021. Dalam kesempatan itu, pembalap muda Italia ini mampu finis di zona 10 besar secara beturut-turut. Nampaknya itu sudah cukup membuktikan kualitas rider berusia 23 tahun ini.

Sebelum melakukan debut di MotoGP 2021, Bastianini memiliki pengalaman yang cukup mentereng di kelas Moto2 2020. Saat itu dirinya mampu keluar sebagai juara dengan mengumpulkan 205 poin.

Berbeda dengan Bastianini, Diggia masih ‘buta’ di ajang MotoGP. Ya, dirinya diketahui belum pernah mencicipi MotoGP. Namun pengalamannya di kelas Moto2 diharapkan bisa memberi kejutan di musim depan.

Pada musim 2021 ini, Diggia bersama dengan Federal Oil Gresini Moto2 tampil cukup impresif. Mengingat, ia berhasil menginjakkan kakinya di atas podium sebanyak empat kali sepanjang musim Moto2 2021 (1 kali juara, 2 kali runner-up, dan P3 satu kali).

Dengan penampilan yang ia buat sepanjang musim itu, Gresini Racing akhirnya memberikan kepercayaan kepada Diggia untuk ikut naik kelas ke MotoGP. Patut dinantikan bagaimana aksi Enea Bastianini dan Fabio Di Gianntonio pada MotoGP 2022.

Baca: Federal Oil Resmi Sponsori Tim MotoGP Gresini

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram

#MotoGP 2022
#Enea Bastianini
#Fabio Di Giannantonio
#Diggia
#MotoGP
#Gresini Racing

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi