Brad Binder Berharap MotoGP Afrika Selatan Masuk Kalender
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 28 September 2022 13:00 WIB
Brad Binder di Sirkuit Mandalika. ANTARA/Andika Wahyu

GOOTO.COM, JakartaBrad Binder mengaku berharap bisa memainkan MotoGP Afrika Selatan dalam kalender resmi dalam waktu dekat. Karena menurutnya ada sirkuit di negara itu yang dianggap sangat cocok untuk menggelar balapan Grand Prix.

Sekedar informasi, sejak 1985 silam belum ada balapan GP di Kyalami dekat Johannesburg, Afrika Selatan. Padahal menurut Brad Binder lintasan ini layak menjadi tuan rumah MotoGP.

Sirkuit Kyalami sendiri sebenarnya sempat menjadi tuan rumah MotoGP pada tahun 1983 sampai dengan 1985. Selain itu, lintasan ini juga pernah dipakai untuk gelaran Kejuaran Dunia Superbike pada 2009 silam.

“Saya berharap kami akan mendapatkan GP Afrika Selatan lagi di masa mendatang. Kyalami adalah sirkuit yang sangat baik, fasilitas dan infrastruktur tidak meninggalkan apa pun yang diinginkan, termasuk fasilitas pit dan yang lainnya,” kata dia, dikutip dari Speedweek.

“Mereka lebih baik daripada sebagian besar trek GP saat ini yang kami ikuti. Anda hanya perlu memindahkan dinding sedikit ke belakang di dua tempat sehingga ada cukup ruang jatuh jika terjadi kesalahan. Ketika itu selesai, tidak ada yang menghalangi GP di Afrika Selatan," tambah dia.

Sejauh ini pihak operator Kyalami belum pernah mengajukan permohonan kepada Dorna untuk menggelar ajang MotoGP. Hal ini berbeda dengan apa yang dilakukan oleh pengelola Sirkuit Sokol (Kazakhstan), Sirkuit Internasional Buddh (India) dan Arab Saudi.

"Kami telah berbicara dengan operator Kyalami beberapa tahun yang lalu, tetapi tidak ada yang terjadi sejak itu," kata CEO Dorna Carmelo Ezpeleta, masih dikutip dari Speedweek hari ini, Rabu, 28 September 2022.

MotoGP Afrika Selatan sebelumnya telah hadir sejak 1999 sampai dengan 2004 silam. Namun seri balapan tersebut tidak dimainkan di Sirkuit Kyalami, melainkan di lintasan Jalan Raya Phakisa di wilayah Welkom.

Baca Juga: New Honda Vario 125 Resmi Hadir, Dijual Mulai dari Rp 22 Jutaan

SPEEDWEEK

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Brad Binder
#MotoGP
#Afrika Selatan
#MotoGP 2022

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi