MotoGP Qatar: Aleix Espargaro Bawa Aprilia ke Papan Atas
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Selasa, 8 Maret 2022 06:41 WIB
Aleix Espargaro (Aprilia Racing), Sirkuit Internasional Losail, Qatar, Minggu, 6 Maret 2022. (Aprilia)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Aprilia mulai menunjukkan potensinya untuk bersaing di level atas balap MotoGP musim 2022. Adalah Aleix Espargaro yang berhasil memacu Aprilia RS-GP 2022 hingga bisa menembus posisi empat MotoGP Qatar yang digelar di Sirkuit Internasional Losail, Qatar, Minggu, 6 Maret 2022.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ia finis di belakang Enea Bastianini (Gresini Racing), Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing), dan Pol Espargaro (Repsol Honda). Aleix juga sukses memenangi duel dengan Juara Dunia MotoGP enam kali Marc Marquez (Repsol Honda).

Rekan satu tim Aleix, Maverik Vinales (Spanyol), juga sukses mendulang poin setelah finis di posisi 12.

Aprilia menunjukkan perkembangan yang pesat sejak pengujian sepeda motor terbaru. Di MotoGP Qatar, Aleix mampu mencetak waktu tercepat rata-rata terbaik kedua dan masuk dalam daftar pembalap top dalam hal kecepatan tertinggi.

"Berada sangat dekat dengan posisi podium dan melewatkannya tampak seperti kekecewaan, namun saya sangat puas dengan hasil balapan kami di sepanjang akhir pekan ini,” kata Aleix dalam keterangan resmi, Senin, 7 Maret 2022.

Menurut dia, catatan waktu yang ia raih menunjukkan bahwa dirinya adalah salah satu yang tercepat pada lintasan. Ia mengaku membuat sedikit kesalahan pada putaran ke-4 yang yang menyebabkan dirinya tidak menyerang secara agresif.

“Ini akan menjadi kejuaraan yang luar biasa. Kami dapat bertarung melawan pembalap top dan pabrikan terbaik di dunia.”

Vinales memulai balapan dari posisi ke-19. Meski demikian, ia mampu melakukan sejumlah perkembangan pada saat balapan dan finis di posisi 12. Sepanjang balapan, Vinales mampu membawa motornya mencapai top speed hingga 354 km per jam. Catatan waktu itu merupakan yang tercepat ketiga.

"Tentu saja ini adalah hasil yang sangat mengecewakan. Hal ini sama sekali tidak sesuai dengan ekspektasi saya maupun tim,” ujar dia.

Ia mengaku tidak mendapatkan setelan yang tepat pada bagian depan sepeda motornya dan saat menuju tikungan. “Kami punya banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Kami harus memahami motor ini dengan lebih baik lagi untuk balapan mendatang,” kata dia.

Selanjutnya duo Aprilia ini akan kembali bertarung di balap MotoGP seri kedua akan digelar di Sirkuit Mandalika pada 18-20 Maret 2022. 

Baca juga: Aleix Espargaro Gowes Keliling Sirkuit Mandalika

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi