Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Sudah Rampung, Lintasan Mulai Didinginkan
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 10 Maret 2022 11:47 WIB
Foto udara sejumlah pekerja mengerjakan pengaspalan ulang tikungan ke-17 lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu 5 Maret 2022. Pengaspalan ulang lintasan dengan total panjang 1,2 Km tersebut tengah dikerjakan sesuai dengan spesifikasi dari Dorna Sports dan FIM serta ditargetkan dapat rampung pada 10 Maret mendatang. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), telah rampung pada Rabu, 9 Maret 2022. Penyelesaiannya diketahui lebih cepat dari yang ditargetkan oleh Mandalika Grand Prix Association (MGPA) dan pihak penyelenggara MotoGP Mandalika.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hal itu dibenarkan langsung oleh Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria. Dirinya menjelaskan bahwa pengerjaan aspal ulang di Pertamina Mandalika International Street Circuit ini tidak ada kendala.

Sebelumnya, MGPA dan pihak penyelenggara MotoGP Mandalika menargetkan pengerjaannya rampung pada 10 Maret 2022. Namun saat ini, kata Prandhi, Sirkuit Mandalika akan masuk proses pendinginan selama satu hari.

"Dengan demikian, ada waktu yang cukup untuk mendinginkan aspalnya sehingga bisa dilanjutkan dengan pemolesan atau pembersihan lapisan-lapisan minyak di permukaannya," kata Priandhi dalam rilis.

Seperti yang diketahui, pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika ini memang harus dilakukan untuk memperbaiki kondisi lintasan. Karena sebelumnya beberapa pembalap sempat melontarkan kritik tentang kondisi kotor trek saat menjalani tes pramusim MotoGP Mandalika.

General Manager RMI, selaku kontraktor utama pembangunan Sirkuit Mandalika, Simon Gardini menilai kondisi itu terjadi karena beberapa hal. Salah satunya, lanjut dia, lintasannya disusupi oleh batuan yang kurang bagus.

"Itu baru terlihat setelah dibebani performa motor MotoGP di kondisi kering, dan tampak jelas pada hari pertama bahwa debu bukanlah masalahnya. Pada awalnya kami kira itu karena debu, tapi kekuatan motor dan jenis sirkuit yang memiliki bagian yang cepat dan menantang ini, menyulitkan agregat yang kurang baik tersebut,” kata dia.

Sekedar informasi tambahan, pengasapalan ulang Sirkuit Mandalika ini dilakukan di beberapa area, yakni sebelum Tikungan 17 hingga setelah Tikungan 5. Jika dihitung, maka hanya sekitar 17,5 persen dari total lintasan yang diperbaiki.

Baca: Selain MotoGP, Sekitar Sirkuit Mandalika Berpotensi Gelar Olahraga Internasional

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi