Comeback Sensasional Marc Marquez di MotoGP Amerika
Reporter: Antara
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 11 April 2022 11:21 WIB
Pembalap Repsol Honda Team Marc Marquez memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 2 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat, 18 Maret 2022. Ajang balapan MotoGP seri kedua 2022 tersebut berlangsung pada 18-20 Maret 2022. ANTARA/Andika Wahyu
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Aksi sensasional Marc Marquez saat comeback di MotoGP Amerika membuat posisinya sebagai King of COTA tak tergantikan. Rider Spanyol itu memang tak menjadi juara. Ia hanya finis di posisi ke-6. Namun, perjuangan dan kecepatannya membuatnya layak dipandang sebagai juara. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pembalap andalan Repsol Honda itu merupakan pemegang rekor kemenangan terbanyak MotoGP yang digelar di COTA, yakni sebanyak tujuh kali dari sembilan kali keikutsertaannya (termasuk balap akhir pekan ini). 

Balapan dini hari tadi juga menjadi yang pertama bagi Marquez setelah absen di MotoGP Mandalika dan MotoGP Argentina karena cidera diplopia atau gangguan pandangan ganda. Ya, Marquez terjatuh saat mengikuti sesi warm up MotoGP Mandalika pada 20 Maret 2022. Dokter lalu memutuskan Marquez tidak fit untuk balapan di Mandalika dan Argentina. 

Drama Marquez di MotoGP Amerika dimulai setelah bendera start dikibarkan. Ia mengalami masalah teknis, yang saat ini diinvestigasi oleh Honda, membuatnya terlempar dari P9 ke barisan paling belakang di grid menuju tikungan pertama lap pembuka.

Ia menunjukkan kelasnya ketika berjuang dari P22, melewati satu-satu rivalnya hingga merestorasi posisinya ke P9, seperti ketika ia mengawali balapan. Ia juga beberapa kali mencetak lap terbaik di balapan sepanjang 20 putaran itu ketika berupaya mengejar.

Di tujuh lap terakhir, Marquez masih memiliki kecepatan untuk menyalip Johann Zarco (Pramac Racing), Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) dan Jorge Martin (Pramac Racing) sebelum menyelesaikan balapan sepanjang 20 putaran itu secara sensasional di P6, sekitar 6,5 detik di belakang pembalap Gresini Enea Bastianini yang memenangi balapan tersebut.

Tiba di garasi, Marquez pun disambut dengan tepuk tangan para anggota timnya.

"Di satu sisi saya kecewa karena jelas kami memiliki kecepatan hari ini dan saya dapat sangat menikmati balapan ini, merangsek dari belakang, tapi 25 poin memungkinkan hari ini," kata Marquez yang yakin bisa menang, dikutip laman resmi tim.

"Kami mendapati masalah teknis saat start, tapi itu terselesaikan dengan sendirinya dan motor ini bekerja sangat baik bahkan ketika saya berada paling terakhir.

"Saya naik begitu banyak posisi dan menjalani balapan yang luar biasa meski beberapa kali melakukan kesalahan, yang normal ketika Anda berjuang untuk merestorasi posisi seperti ini.

"Kami bisa melihat kecepatannya ada dan kami bisa berangkat dari sini dengan kepercayaan diri yang tinggi, itu yang penting."

Finis P6 membuat Marquez naik ke peringkat 13 klasemen berjarak 40 poin dari Bastianini yang kembali menjadi pemuncak klasemen.

Di garasi sebelah, Pol Espargaro pulang dengan finis P13 setelah membalap dengan kondisi badan yang kurang fit sepanjang akhir pekan di Texas.

MotoGP akan bersiap untuk tur Eropa dimulai dengan Sirkuit Algarve di Portimao, Portugal pada 24 April mendatang.

Baca juga: Marc Marquez Kembali Tampil di MotoGP Amerika

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi