H-6 Lebaran, 21.132 Kendaraan Melintasi Tol Palimanan
Reporter: Antara
Editor: Wawan Priyanto
Selasa, 26 April 2022 18:25 WIB
Kendaraan pemudik memadati pintu gerbang tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Kamis 30 Mei 2019. Arus mudik di gerbang tol Cipali pada H-6 terpantau padat. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Sebanyak 21.132 unit kendaraan sudah melintasi ruas Gerbang Tol Palimanan pada H-6 Lebaran 2022. “Lalu lintas di ruas tol Cipali khususnya di GT Palimanan hari Selasa, 26 April 2022 terpantau ramai lancar dengan cuaca cerah," kata Suyitno, General Manager Operation ASTRA Tol Cipali, dalam keterangan tertulis, Selasa, 26 April 2022.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Suyitno menuturkan 21.132 kendaraan yang melintasi GT Palimanan adalah kendaraan golongan I. Belum ada catatan jumlah kendaraan golongan II dan III hingga ANTARA menerima pernyataan ini.

Sementara pada Senin, 25 April 2022, total akumulatif kendaraan yang lewat mencapai sekitar 48.157 unit. Dengan rincian kendaraan golongan I 16.402 unit, golongan II 14.230 unit dan golongan III 17.525 unit.

Berdasarkan pantauan ANTARA, ruas jalan di GT Palimanan masih lancar layaknya hari-hari biasa. Cuaca juga cukup cerah sehingga tidak mempersulit pemudik saat berkendara.

Menurut Suyitno, delapan rest area di sepanjang jalan Tol Cipali juga masih dalam kondisi terkendali. Parkiran masih dapat menampung kendaraan dan pengguna fasilitas toilet gratis tidak mengalami penumpukan.

Guna mencegah terjadinya penumpukan pada saat istirahat di rest area, salah satu upaya yang dilakukan adalah menambah toilet jenis portable di sejumlah area Tol Cipali.

Untuk rest area tipe B di KM 86 dan KM 130 arah Cirebon, Jawa Barat dan Jakarta, pihaknya bersama Pertamina menyediakan pertamini untuk pemudik mengisi BBM.

“ASTRA Tol Cipali ikut memberikan pelayanan yang maksimal kepada para pengguna jalan, dengan mengoptimalkan bukaan gardu di GT Palimanan sebanyak tujuh gardu exit dan lima gardu enterance. Pembukaan gardu ini akan disesuaikan dengan kondisi di lapangan,” ujar dia.

Suyitno meminta para pengguna jalan untuk tertib berkendara selama berada dalam perjalanan. Dengan adanya cuaca yang tidak menentu menjelang Lebaran, pihaknya mengimbau supaya pemudik berkendara dengan batas kecepatan minimal 60 km/jam dan batas maksimal 100 km/jam.

Bila kondisi hujan, diharapkan pemudik menyesuaikan batas kecepatan maksimal 70 km/jam.

Suyitno juga meminta apabila l terdapat keadaan darurat, para pengguna jalan dapat menghubungi Traffic Monitoring Center (TMC) ASTRA Tol Cipali pada nomor call center 0260-7600-600.

“Kami pastikan petugas layanan lalu lintas ASTRA Tol Cipali senantiasa siaga 24 jam,” kata dia.

Baca juga: Hindari Kemacetan Parah, Jokowi Ajak Mudik Lebih Awal

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi