Kia Bakal Punya Pabrik Baru untuk Produksi Kendaraan Listrik Purpose-Built
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 19 Mei 2022 19:00 WIB
Kendaraan Listrik Purpose-Built. (Foto: Kia)

GOOTO.COM, JakartaKia telah mengonfirmasi rencana membangun pabrik baru di Korea Selatan untuk memproduksi Purpose-Bulit electric vehicle (PBV) pada masa mendatang. Kendaraan listrik ini mengacu pada mobil multiguna yang memiliki berbagai skenario aplikasi berbasis mobilitas.

Menurut laporan Hindustan Times, Kia mencoba untuk memainkan peran dominan di segmen tersebut, dan bertujuan untuk memulai produksi PBV. Nantinya produksi kendaraan listrik tersebut bakal dibuat di fasilitas Korea Selatan yang bakal datang pada tahun 2025.

Hal itu dibenarkan langsung oleh Presiden dan CEO Kia Corporation, Ho Sung Song. Dirinya menjelaskan bahwa pabrik baru ini, jika sudah dibangun dan siap, akan menjadi bagian dari strategi Plan S Kia yang lebih besar.

“Fasilitas PBV khusus ini adalah salah satu pilar utama dari strategi Plans S kami, karena Kia berusaha untuk mengklaim posisi teratas di pasar PBV global. Kami awalnya akan menjajaki pasar baru dengan model PBV turunan, kemudian secara bertahap memperluas kehadiran kami di pasar global dengan model PBV khusus dengan teknologi otonom,” kata dia, dikutip dari Hindustan Times.

Pabrik Kia PBV di Korea ini nantinya bisa menampung kapasitas produksi awal sebesar 100.000 unit setiap tahun. Jumlah tersebut diperkirakan bisa meningkat menjadi 150.000 unit, jika permintaan kendaraan listrik meningkat.

Kia sendiri dilaporkan bakal menggarisbawahi aspek kualitas mnanufaktur dan menyoroti proses otomatisasi canggih yang dikombinasikan dengan teknologi mutakhir, seperti misalnya mengurangi emisi karbon selama proses produksi.

Sebelumnya Kia juga menjelaskan tentang model ukuran sedang yang akan menjadi PBV pertamanya dengan didasarkan pada platform skateboard ‘eS’. Platform baru ini dapat secara felksibel mengakomodasi berbagai ukuran model PBV sebagai tanggapan atas beragam permintaan pelanggan.

Baca juga: Melihat Spesifikasi Mobil Baru BMW 3 Series 2023, Apa Saja Ubahannya?

HINDUSTAN TIMES

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#KIA
#Kendaraan Listrik
#Electric Vehicle
#Pabrik
#produksi

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi