Rookie Fabio Di Giannantonio Start P5 di MotoGP Catalunya
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Minggu, 5 Juni 2022 10:01 WIB
Fabio Di Giannantonio, Gresini Racing, di MotoGP Catalunya, Spanyol, 4 Juni 2022. (Gresini Racing)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pembalap rookie Fabio Di Giannantonio tampil impresif pada sesi kualifikasi MotoGP Catalunya di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol, Sabtu, 4 Juni 2022. Rider Gresini Racing ini mencatat waktu terbaik 1 menit 39,099 detik dan akan start dari posisi 5 atau baris kedua.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ini adalah catatan impresif lanjutan pembalap yang akrab disapa Diggia itu setelah pekan lalu merebut pole position di balapan kandang, Mugello, Italia.

Catatan waktu yang ditorehkan Diggia pada sesi kualifikasi hanya terpaut 0,375 detik dari Aleix Espargaro (Aprilia Racing) yang merebut pole position.

Sementara itu, rekan satu tim Diggia, Enea Bastianini yang tengah bersaing di titel Juara Dunia MotoGP 2022, terjegal di Q1 dan harus rela start dari posisi 14.

“Melihat hasilnya kami tak perlu menunjukkan apapun ke siapapun, paling penting adalah mengonfirmasi pertumbuhan kami dan cara lebih baik agar bisa menghasilkan kualifikasi seperti kali ini,” ujar Diggia dalam keterangan resmi, Minggu.

“Semua berjalan mulus, ubahan sedikit di motor dan kami bisa melakukan dengan baik. Hanya saja kami masih perlu sedikit meningkatkan kecepatan motor, terutama di paruh kedua balapan. Sesi pemanasan nanti akan memberikan kepastian untuk pemilihan ban.”

Hasil yang kurang kompetitif Bastianini sedikit membuat calon Juara Dunia MotoGP 2022 ini kecewa. Sebab diyakini pembalap bernomor 23 ini bahwa perubahan di motor sudah sangat signifikan, namun terjegal di sisa waktu kualifikasi saat banyak pembalap melambatkan motor di detik-detik terakhir.

“Sangat disayangkan pada lap akhir kualifikasi banyak pembalap berseliweran di depan menjelang tikungan tiga, sehingga tak bisa menyempurnakan catatan waktu. Seharusnya bisa msauk Q2 bila melihat potensinya, tapi tidak terwujud,” ujar Bastianini.

Pembalap Italia ini juga menyatakan bahwa Ducati Desmosedici GP21 punya laju yang bisa diandalkan mengitari sirkuit Catalunya sepanjang 4.627 meter. “Motornya kencang, balapan akan berjalan lama sehingga kita bisa berusaha memperbaiki posisi. Kita hanya perlu akselerasi start yang kuat dan strategi menyerang di awal,” tutur dia.

Diggia dan Bastianini merupakan rider Gresini Racing yang mendapatkan banyak sponsor dari Tanah Air, salah satunya Federal Oil.  Saat ini diklasemen Juara Dunia MotoGP 2022, Bastianini berada di posisi tiga dengan raihan 94 poin, terpaut 28 poin dari pemimpin klasemen. Sedangkan untuk Diggia  berada di posisi 20 setelah berhasil kumpulkan total 8 poin.

Baca juga: Federal Oil Bangga Enea Bastianini Menangi MotoGP Qatar 2022

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi