PLN Bangun 27 SPKLU di Sejumlah Destinasi Wisata Indonesia
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 6 Juni 2022 14:00 WIB
Presiden Joko Widodo menghadiri acara peresmian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Ultra Fast Charging di Central Parking Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat, 25 Maret 2022. SPKLU itu disiapkan untuk mengisi daya kendaraan listrik saat KTT G20 di Bali. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT PLN dilaporkan telah memperluas titik stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di sejumlah destinasi wisata. Langkah tersebut diambil untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata ramah lingkungan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kabar ini disampaikan langsung oleh Direktur Bisnis PLN Regional Jawa, Madura, dan Bali PLN Haryanto WS. Dirinya menjelaskan bahwa ada lima destinasi wisata unggulan yang menjadi lokasi penempatan SPKLU, yakni Candi Prambanan, Candi Borobudur, Labuan Bajo, Lombok dan Bali.

"Kami siap mendukung green tourism di Indonesia dengan menyiapkan infrastruktur kelistrikan dan juga bisa menjadi ajang sosialisasi kepada masyarakat soal pentingnya beralih ke kendaraan listrik," kata Haryanto, dikutip Tempo.co dari Antara hari ini, Senin, 6 Juni 2022.

Lebih lanjut dirinya menyebut PLN sengaja mendirikan banyak SPKLU sebagai bentuk dukungannya dalam mempercepat transisi energi bersih di Indonesia. Selain itu, kata Haryanto, langkah ini juga bisa mendorong ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air.

"Saat ini, kami sedang mempersiapkan jaringan SPKLU untuk mendukung kehadiran kendaraan listrik di beberapa destinasi wisata lainnya, yakni di Danau Toba, Likupang, dan Mandalika yang ditargetkan selesai pada Oktober 2022," tambah Haryanto.

Di sisi lain, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan bahwa kehadiran SPKLU menjadi penting di masa depan. Dirinya menilai penggunaan listrik dalam sektor transportasi lebih banyak manfaat ketimbang bahan bakar minyak (BBM).

"PLN siap memberikan pasokan listrik yang berlimpah dan berbasis energi bersih guna mendorong ekosistem kendaraan listrik ini masif di Indonesia. Sudah saatnya memang pergeseran dari energi fosil ke energi yang ramah lingkungan dan melimpah di Indonesia," ujar dia.

BacaFormula E Jakarta Berakhir, Jokowi: Alhamdulillah Berjalan Lancar

ANTARA

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi