Mengenal Sistem Rem Tangan Elektronik untuk Keselamatan Berkendara
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Minggu, 3 Juli 2022 11:21 WIB
Ilustrasi rem tangan elektrik. Sumber: carscoops.com

GOOTO.COM, Jakarta -  Semakin berkembangnya zaman beberapa mobil modern diketahui memiliki sejumlah fitur dan teknologi canggih. Salah satunya adalah penggunaan rem tangan elektronik atau Electronic Parking Brake (EPB).

Bagi sebagian masyarakat mungkin masih mengalami kebingungan dalam penggunaan rem tangan elektronik ini. Maklum, menurut situs resmi Suzuki.co.id, pemakaian EPB ini masih cukup jarang di Indonesia. Pasalnya, rem tangan digital ini masih identik dengan mobil premium.

Namun tak ada salahnya jika kita lebih dulu memahami cara kerja dan pemakaian rem tangan elektronik ini. Mengingat, hal ini nantinya akan sangat berpengaruh pada keselamatan berkendara setiap pengguna mobil.

EPB sendiri diketahui memiliki tampilan yang lebih modern dan simpel, di mana tidak ada lagi tuas yang harus ditarik saat mengaktifkan rem tangan. Pengemudi nantinya hanya tinggal menekan tombol saja untuk menggunakan rem tangan elektronik ini.

Ketika tombol rem tangan digital tersebut sudah ditekan, maka nantinya motor listrik pada setiap kaliper rem akan menekan bantalan ke dalam cakram. Pengendara pun tinggal menekan tombol lagi jika ingin melanjutkan perjalanan agar roda mobil tak lagi terkunci.

Sejumlah mobil modern yang memiliki fitur EPB ini memiliki beberapa keuntungan, seperti tidak perlu mengunci roda saat parkir. Pemilik kendaraan hanya tinggal menekan tombol, maka rem tangan elektrik ini akan aktif secara otomatis.

Beberapa kendaraan juga ada yang dilengkapi dengan fitur Auto Hold Parking Brake. Teknologi ini merupakan sensor untuk menangkap ketika mobil berhenti dan pengendara menginjak rem. Fitur ini terbilang sangat berguna ketika melewati jalanan menanjak.

Keuntungan lainnya adalah menghemat tempat di kabin mobil. Dengan menghilangkan tuas rem tangan, maka konsol tengah pada mobil menjadi lebih lega dan membuat interior lebih sederhana.

Selanjutnya, dengan sistem ini maka pengendara bisa mengatasi masalah kelupaan saat menurunkan rem tangan. Pasalnya, rem tangan elektronik ini bakal non-aktif dengan sendirinya ketika mobil hendak bergerak atau saat sopi menginjak pedal gas.

BacaPemilik Sirkuit KymiRing Finlandia Bangkrut, Tak Akan Masuk Agenda F1?

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Rem Tangan
#Keselamatan Berkendara
#Mobil
#Rem Tangan Mobil
#Elektronik

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi