Max Verstappen Amankan Poin Penting di Formula 1 GP Austria
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Selasa, 12 Juli 2022 05:53 WIB
Max Verstappen (Red Bull Racing) podium dua di F1 GP Austria, Minggu, 10 Juli 2022. (redbullcontentpool)

GOOTO.COM, Jakarta - Max Verstappen menjalani balapan yang tidak mudah di Formula 1 Grand Prix Austria, Minggu, 10 Juli 2022. Ia mengalami kesulitan dalam manajemen ban. Meski demikian, pembalap Red Bull Racing itu bisa membawa RB18 finis di posisi dua dan mendapatkan tambahan 19 poin. Hasil ini ia akui sebagai capaian maksimal yang bisa didapat meski mobil mengalami masalah.

Dalam balapan utama yang digelar di Red Bull Ring, Spielberg, Verstappen sempat meminpin jalannya balapan. Ia berada di depan duo Ferrari, Charles Leclerc dan Carlos Sainz. Sayang, Juara Dunia F1 2021 itu mengaku kehilangan grip di pertengahan balapan. “Mobil kadang cepat, kadang kehilangan grip,” kata Verstappen melalui komunikasi radio kepada tim mekanik pada saat disalip Leclerc di putaran ke-12.

Meski demikian, lanjut dia, posisi dua merupakan hasil yang baik sekaligus mempertahankan posisi puncak klasemen sementara dengan total 208 poin. Terpaut 38 poin dari Leclerc yang berada di posisi kedua. Sedangkan rekan satu tim Verstappen, Sergio Perez, gagal finis karena mobilnya rusak setelah bersenggolan dengan George Russell di awal putaran. Perez berada di peringkat ketiga klasemen dengan total 151 poin.

“Kita harus mengetahui apa yang membuat ban bisa cepat terdegradasi, saya sendiri belum tahu pastinya, kompon apapun yang digunakan terlihat tidak menunjukkan performa terbaik,” ujar Verstappen dalam keterangan resmi, Senin, 11 Juli 2022.

“Meskipun tidak menang di balapan kali ini, kita masih memimpin jauh di klasemen sementara. Di saat yang sulit dan terpenting adalah menambah poin seperti yang kita lakukan sekarang.”

Sementara itu Perez yang harus memarkirkan mobilnya di paddock mengakui sangat kecewa dengan insiden dan harus berhenti lebih awal. “Saya punya bayangan di depan dan berharap punya kesempatan, sangat menyakitkan melihat kejadiannya. Mobil alami kerusakan parah dan tak bisa lakukan apapun kecuali harus menghentikan balapan,” kata Perez.

Perez menjelaskan insiden antara dirinya dengan Russell. “Padahal saya memberinya ruang yang lapang buat George di lap pertama, ruang yang cukup untuk dua mobil tidak terjadi tabrakan, dan sayangnya berakhir dengan senggolan, saya tak tahu apa yang bisa dilakukan.”

Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) Sri Adinegara mengatakan bahwa Verstappen berhasil memetik podium posisi dua di GP Austria walaupun di bawah tekanan pembalap lain. Hasil ini bisa mengamankan posisinya di persaingan Juara Dunia F1 2022. Kurang beruntung apa yang dialami oleh Perez, akibat kesalahan yang dilakukan pembalap lain. Hal ini tentunya berdampak pada persaingan titel Juara Dunia bagi Perez, karena bergeser ke posisi tiga.

”Semoga Perez dapat memperbaiki posisinya, dan meraih poin kembali di seri berikutnya,” kata Sri Adinegara.

Sri Adinegara menyatakan bahwa seri balapan berikutnya akan berlangsung di Sirkuit Paul Richard dalam gelaran GP Prancis, pada 24 Juli . Menurut dia, ada jeda sepekan menjelang balapan GP Prancis.

Ia berharap jeda itu dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan dan yang paling ditunggu adalah podium ganda. Tentunya hasil tersebut akan menjadi kebanggaan bagi Mobil Lubricants yang turut mendukung performa RB18 sepanjang musim Formula 1.

Baca juga: Formula 1 Austria: Leclerc Kalahkan Verstappen, Hamilton Naik Podium Lagi

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Max Verstappen
#Red Bull
#Charles Leclerc
#Sergio Perez
#Carlos Sainz

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi