Hyundai dan LG Bikin Pabrik Baterai di Karawang, Beroperasi Mulai 2024
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 26 Agustus 2022 06:00 WIB
Hyundai Logo (REUTERS/Lee Jae-Won)

GOOTO.COM, Jakarta - Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution (LGES) Ltd., telah mendapatkan pinjaman dan jaminan dana sebesar US$ 710 juta untuk pembangunan pabrik baterai sel baterai di Indonesia. Pabrik ini akan berlokasi di Karawang, Jawa Barat.

Melansir kantor berita Korea Selatan, Yonhap hari ini, Jumat, 26 Agustus 2022, Hyundai dan LG akan menerima dana dari lima perusahaan keuangan internasional yang berbeda dengan jangka waktu pinjaman 10 tahun. Pinjaman dana ini akan disalurkan secara bertahap selama proyek berlangsung.

Hyundai Motor Co., Kia Corp., Hyundai Mobis Co., dan LGES akan memberikan jaminan utang sebanding dengan nilai saham mereka dalam proyek tersebut. Selain itu, perusahaan asuransi perdagangan yang berbasis di Seoul, Korea Trade Insurance Corp., juga akan memberikan jaminan kredit.

Hyundai dan LG membentuk usaha patungan senilai US$ 1,1 miliar untuk membangun pabrik sel baterai kendaraan listrik. Pabrik ini dijadwalkan akan memulai produksi massalnya pada paruh pertama tahun 2024.

Pabrik baterai ini pada tahap awal akan memproduksi sel baterai sebesar 10 gigawatt-hour per tahunnya. Kapasitas tersebut diklaim bisa menjalankan lebih dari 150 ribu mobil listrik. Kemudian kapasitas produksi tersebut akan ditingkat hingga 30 gigawatt-hour.

DICKY KURNIAWAN | YONHAP

Baca juga: Panasonic Bikin Pabrik Baterai Mobil Listrik Terbesar di Dunia untuk Pasok Tesla

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Hyundai
#LG Energy Solution
#Pabrik Baterai
#Kendaraan Listrik
#Mobil Listrik
#Karawang
#Baterai Kendaraan Listrik

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi