Penyebab Mesin Mobil Muncul Suara Bising, dari AC Sampai Katup Longgar
Reporter: Hilman Haikhal Zainubi
Editor: Jobpie Sugiharto
Jumat, 9 September 2022 10:01 WIB
Ilustrasi mesin mobil. Pixabay

GOOTO.COM, Jakarta - Perawatan komponen mesin mobil mutlak diperlukan agar kinerja kendaraan tetap optimal dan aman nyamansaat dikendarai. Salah satu indikator mesin mobil yang terawat adalah suara tarikannya halus.

Jika suara mesin dan tarikan gas terdengar kasar dapat dipastikan kondisi mobil sedang bermasalah. Apalagi ketika digas terdengar suara raungan yang bising hingga muncul suara seperti gesekan komponen besi.

Berikut penyebab suara mesin mobil berisik serta cara mengatasinya, dilansir dari Suzuki hari ini, Jumat, 9 September 2022:

1. Kompresor AC Mobil BermasalahKendala ini terjadi akibat kompresor AC mobil aus dan kurang oli. Bisa juga akibat dari kotoran yang menyumbat bagian dalam kompresor AC. Terlebih jika memang sudah lama tidak melakukan pembersihan AC mobil. Bengkel dapat melakukan flushing serta memeriksa komponen AC mobil.

2. Mesin Kurang OliUntuk mengatasi bunyi mesin mobil berisik yang disebabkan oleh oli tentunya dengan mengecek tanki oli. Jika oli mesin sudah mulai berkurang serta kualitasnya menurun seperti keruh dan lebih encer maka segeralah ganti oli mesin.

3. Rusaknya Tali KipasTali kipas pada mesin mobil berfungi sebagai penghubung satu poros dengan lainnya yang menghubungkan kipas radiator dengan kompresor AC mobil serta alternator. Jika tali kipas bermasalah, ciri yang paling jelas adalah terdengar suara berisik dan bunyi kasar ketika mobil digas. Pemicu utama tali kipas yang rusak biasanya disebabkan memang sudah kendur dan permukaannya kering retak-retak. Berikan pelumas secukupnya. Jika masih bunyi, tali kipas perlu diganti dengan yang baru.

4. Bearing Mobil RusakKerusakan pada bearing juga dapat menyebabkan mesin mobil berisik. Bagian ini memang bukan bagian mobil yang dapat diperbaiki sendiri. Sebab komponen ini memiliki komposisi yang rumit dan jenisnya sangat beragam. Jika Anda ingin memeriksa bagian bearing, segeralah pergi ke bengkel resmi.

5. Katup Mesin LonggarBunyi berisik pada mesin mobil bisa juga disebabkan oleh celah katup yang longgar atau terlalu rapat. Setelan normal katup mesin biasanya ada pada ukuran 0,2-0,3 mm. Namun seiring dengan intensitas berkendara, celah katup bisa longgar dengan sendirinya dan menyebabkan batang katup bergesekan dengan rocker arm. Hal inilah yang menyebabkan bunyi berisik seperti logam beradu ketika mesin menyala atau saat mesin digas. Segera periksa katup mesin mobil dan pastikan komponen ini tertutup dengan baik.

Baca: Tips Menjaga Pembakaran Mesin Mobil Sempurna

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#mesin mobil
#Oli Mesin
#Oli Mesin Mobil
#Kipas Radiator
#AC Mobil
#Kompresor AC

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi