Tips Keselamatan Berkendara Mengemudi Mobil di Musim Hujan
Reporter: Hilman Haikhal Zainubi
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 16 September 2022 09:51 WIB
Ilustrasi mengemudi di saat hujan (ADM)

GOOTO.COM, Jakarta - Mengemudikan mobil saat musim hujan tentunya akan berbeda dari biasanya. Mengingat kondisi ini membuat jarak pandang pengemudi menjadi lebih sedikit atau berkurang.

Selain itu berkendara di tengah hujan juga kemungkinan akan memunculkan beragam masalah selama perjalanan. Jika hal tersebut tidak ingin dialami, tentunya pengendara mobil perlu melakukan pengecekan pada beberapa komponen.

Para pengendara mobil juga harus lebih berhati-hati supaya terhindar dari kecelakaan. Berikut tips keselamatan berkendara mengemudi mobil ketika hujan, dilansir dari Suzuki hari ini, Jumat, 16 September 2022:

  1. Pastikan komponen mobil berfungsi dengan baik

Langkah pertama adalah mengecek lampu dan wiper kaca, pastikan alat-alat tersebut bisa bekerja dengan baik. Perhatikan juga sistem kemudi mobil seperti rem, kopling, dan pedal gas, apakah dapat berfungsi dengan baik atau tidak.

Memeriksa kondisi ban juga sama pentingnya sehingga harus dilakukan sebelum berkendara di musim hujan. Pastikan ban tidak botak untuk melintasi jalanan yang basah. Pemilik kendaraan disarankan untuk lakukan perawatan rutin di bengkel resmi.

  1. Pastikan Anda nyaman

Jika Anda ragu-ragu atau tidak nyaman mengemudi ketika hujan, ada baiknya tunda perjalanan atau menunggu cuaca lebih reda dulu sebelum akhirnya mengendarai mobil. Karena kenyamanan berkendara seseorang bisa memengaruhi apa yang bakal terjadi di perjalanan.

  1. Berkendara dengan perlahan

Disarankan untuk mengemudi secara perlahan atau lebih lambat dari kecepatan biasanya. Karena jalan basah bisa sangat berbahaya yang bisa membuat mobil mengalami ban selip, aquaplanning atau hal lainnya. 

  1. Jaga jarak dengan kendaraan lain

Selain mengurangi kecepatan, Anda juga diminta untuk menjaga jarak aman dari kendaraan lain. Hal ini harus dilakukan karena sistem pengereman akan lebih sulit ketika melintasi jalanan basah. Terlebih, pengendara sangat dilarang memakai cara hard braking, karena risiko ban selip akan sangat besar.

  1. Nyalakan lampu

Terakhir, pengemudi mobil juga diminta untuk menyalakan lampu meski hujan di siang hari. Itu dilakukan agar pengendara lain bisa mengetahui keberadaan kita,. Akan tetapi, jangan gunakan lampu hazard saat hujan deras karena lampu ini hanya digunakan untuk keadaan darurat dan jika dipakai saat hujan justru membuat pengendara lain kebingungan.

Baca Juga: Berkendara Jarak Jauh Jakarta-Surabaya Bersama Mobil Listrik New MG ZS EV

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Musim Hujan
#Keselamatan Berkendara
#Mengemudi Mobil
#Mobil
#Hujan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi