6 Komponen Vespa Matik yang Wajib Dicek Saat Terjadi Water Hammer
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Sabtu, 22 Oktober 2022 17:00 WIB
Vespa matik. (Foto: Scooter VIP)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Beberapa pengendara disarankan untuk lebih peduli terhadap kesehatan motor ketika memasuki musim hujan. Hal itu juga perlu dilakukan oleh para pemilik Vespa matik agar terhindar dari water hammer.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Masalah water hammer adalah kondisi di mana ada air berlebih yang masuk ke dalam ruang pembakaran. Apabila hal itu sudah terjadi, maka masalah tersebut bakal berisiko sangat fatal untuk mesin.

Water hammer sendiri bisa saja terjadi apabila pemilik kendaraan memaksakan diri untuk melibas banjir. Bagi para pengguna skuter, nyatanya ada sejumlah risiko saat Anda nekat melintasi banjir.

Founder workshop Scooter VIP Dennil Sagita kali ini membagikan komponen apa saja yang harus dicek sebagai tips mencegah water hammer di Vespa matik. Berikut redaksi Gooto.com merangkumnya khusus untuk Anda:

Filter Udara

Tips pertama yang harus diperhatikan oleh para pemilik Vespa matik adalah melakukan pengecekan filter udara. Komponen ini bertugas menyaring kotoran, sehingga tidak diperbolehkan terkena air berlebihan.

Knalpot

Kedua, pengguna Vespa matik juga disarankan untuk mengecek knalpot. Karena jika knalpot kemasukan air, maka hal tersebut bakal menghambat kinerja pembuangan.

CVT

Ada baiknya juga jika Anda melakukan pengecekan terhadap komponen continously variable transmission atau CVT. Apabila bagian tersebut kemasukan air, maka kinerja drive pulley dan driven pulley bakal terganggu, sehingga tenaga tidak tertransfer ke roda.

Oli Mesin

Ketika oli sudah bercampur dengan air, maka secara otomatis bakal merusak daleman mesin Vespa matik. Apabila air sudah masuk ke ruang oli, maka diharuskan mengganti oli mesin. Untuk mengetahui apakah oli sudah bercampur dengan air, maka Anda bisa kunjungi bengkel terdekat.

Aki

Komponen selanjutnya yang harus dicek adalah aki. Ini mrupakan bagian penting untuk kelistrikan Vespa matik. Jika terpaksa harus terendam banjir, maka ada baiknya untuk mengganti aki tersebut.

Tangki Bensin

Terakhir, tangki bensin juga harus dicek dengan baik. Apabila pemilik Vespa matik yang terendam sepenuhnya oleh banjir, maka ada baikanya untuk mengecek tangki bensin. Kalian bisa melakukan pengurasan sampai bensin habis.

Baca Juga: Saran Dorna untuk Sirkuit Mandalika Jelang MotoGP Indonesia 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi