Jangan Ditekan Berulang Kali, Ini Tips Merawat Jok Mobil Elektrik
Reporter: magang_merdeka
Editor: Rafif Rahedian
Minggu, 6 November 2022 09:00 WIB
Pengunjung melihat mobil Hyundai Ioniq 5 usai diluncurkan di IIMS Hybrid 2022 di JiExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis 31 Maret 2022. Pada bagian interiornya, Hyundai Ioniq 5 mengusung konsep ramah lingkungan. Ini terlihat dari material jok yang diklaim terbuat dari botol PET daur ulang dan detail pintunya terbuat dari 100 persen kerta HDPE yang dapat didaur ulang.Trim pintu dicat dengan cat berbahan alami mengandung minyak yang diekstrak dari tanaman seperti bunga lobak dan jagung. Hyundai Ioniq 5 dibekali layar infotainment 12,3 inci full TFT LCD Touch Audio Display. Kemudian mobil listrik ini juga dibekali fitur Premium Relaxation Seat, LED ambient mood lightning, dan BOSE Premium Sound System dengan total 8 speakers. Terdapat tiga mode berkendara pada Ioniq 5, yakni Normal, Sport, dan Eco. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/rwa.

GOOTO.COM, Jakarta - Jok elektrik pada sebuah mobil kemungkinan bakal sering terlewat dalam hal perawatan. Padahal jok mobil elektrik ini justru memerlukan perhatian lebih karena menggunakan sistem listrik.

Meski kerusakan pada jok elektrik ini sangat jarang terjadi, akan tetapi komponen tersebut juga harus sering dilakukan perawatan. Langkah tersebut harus dilakukan untuk mendukung aktivitas berkendara.

Karena komponennya yang sensitif, maka ada cara khusus untuk merawat jok elektrik ini karena perbaikannya terbilang sulit dan mahal. Maka pengemudi harus tetap merawat jok elektrik miliknya dengan hati-hati. Berikut tips merawat jok elektrik dikutip Tempo dari Hyundai.com:

Tekan tombol dengan hati-hati

Ketika ingin menyetel posisi jok elektrik, pastikan menekan tombol secara hati-hati. Karena jika menekan tombol secara kasar akan menjadikan tombol mudah rusak.

Jangan tekan tombol berulang

Tidak hanya hati-hati, pengemudi atau penumpang juga harus memperhatikan cara menekan tombol penyetelan jok mobil elektrik. Tidak boleh menekan tombol secara berulang tanpa jeda, hal ini akan menyebabkan tombol mudah eror dan kinerja jok elektrik tidak optimal.

Bersihkan bagian jok mobil dan sela-sela tombol

Agar jok elektrik bekerja dengan optimal, maka harus membersihkan bagian jok hingga sela-sela tombol secara rutin. Untuk membersihkan jok elektrik ini bisa menggunakan kain kering ataupun kain basah untuk menghilangkan noda dan debu.

Bawa ke bengkel resmi

Sebagai komponen yang memiliki sensitivitas cukup tinggi, maka jok elektrik sulit untuk diperbaiki ketika rusak. Pemilik mobil bisa memperbaiki kerusakan jok mobil elektrik ini dengan membawanya ke spesialis reparasi jok mobil elektrik atau bengkel resmi.

Kholis Kurnia Wati | Hyundai.com

Baca Juga: Intip Modifikasi Kabin Alphard Jessica Iskandar, Ada Magic Window

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Jok
#Mobil
#Tips
#Perawatan
#Kendaraan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi