Belajar dari Insiden Tabrak Lari Harmoni, Ini 4 Tips Aman Bersepeda
Reporter: magang_merdeka
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 7 November 2022 13:22 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersepeda di jalur sepeda saat soft launching fasilitas pejalan kaki dan pesepeda pada proyek pembangunan dan penataan kawasan Semanggi di Taman Semanggi, Jakarta, Rabu 12 Oktober 2022. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan pembangunan fasilitas pejalan kaki dan jalur sepeda itu bertujuan untuk memberikan ruang interaksi dan oase baru bagi warga Ibu Kota dan sekitarnya. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

GOOTO.COM, Jakarta - Bersepeda menjadi salah satu olahraga yang tengah digemari masyarakat Indonesia. Setiap weekend tiba, banyak dari mereka yang bersepeda di jalan raya.

Namun dalam kondisi tertentu, bersepeda dapat menimbulkan bahaya. Sebagai contoh, seorang pesepeda dikabarkan terpental dan menjadi korban tabrak lari oleh pengendara mobil. Insiden itu terjadi di simpang empat Harmoni, Jakarta Pusat pada Sabtu, 5 November 2022 sekitar pukul 08.00 WIB.

Peristiwa ini membuat masyarakat yang gemar bersepeda diwajibkan lebih berhati-hati. Berikut tips aman bersepeda di jalan raya yang berhasil dirangkum Gooto.com dari berbagai sumber:

Pastikan tubuh sehat

Hal yang terpenting sebelum kita bersepeda adalah memastikan kondisi tubuh sehat. Jika tengah mengalami sakit atau tidak kuat mengayuh, hindari aktivitas ini. Jika memaksakan bersepeda dalam kondisi sakit, maka akan timbul hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan atau terjatuh dari sepeda.

Cek kondisi sepeda

Sebelum bersepeda di jalan raya usahakan mengecek kondisi sepeda apakah layak untuk dipakai. Mulai dari kemungkinan ban yang bisa saja pecah sampai kebocoran, rantai, pengayuh, jok, rem dan sebagainya.

Pastikan bagian-bagian tersebut dalam kondisi baik dan aman dipakai untuk bersepeda. Meskipun tergolong hal kecil, hal tersebut harus tetap diperhatikan karena dapat memicu kecelakaan.

Periksa perlengkapan 

Selain mengecek kondisi sepeda, selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah kelengkapan bersepeda. Kelengkapan di sini berupa helm untuk melindungi kepala, sarung tangan, masker dan kacamata. Usahakan menggunakan pakaian dengan bahan yang mudah menyerap keringat agar tidak menimbulkan masalah kulit.

Selain itu, gunakan sunscreen atau tabir surya pada tangan, wajah dan kaki untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Jangan lupa siapkan minum agar terhindar dari dehidrasi.

Patuhi aturan lalu lintas

Bbanyak pesepeda yang kurang menaati aturan lalu lintas, seperti menutup jalan umum hingga menerobos lampu merah. Hal ini adalah masalah utama dari banyaknya kecelakaan di jalan raya. Maka untuk menghindari kecelakaan, pesepeda harus mematuhi peraturan yang sudah ada.

Kholis Kurnia Wati

Baca Juga:

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#bersepeda
#Tips
#Tabrak Lari
#jalan raya
#Sepeda

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi