Tips Merawat Baterai Mobil hybrid
Reporter: magang_merdeka
Editor: Jobpie Sugiharto
Rabu, 9 November 2022 07:50 WIB
Pengunjung melihat mobil Toyota Kijang Innova Listrik yang dipamerkan pada pembukaan IIMS Hybrid 2022 di JiExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis 31 Maret 2022. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

GOOTO.COM, Jakarta - Baterai adalah komponen penting pada mobil listrik atau mobil hybrid. Komponen ini memiliki fungsi sebagai penyimpan energi listrik yang menjadi tenaga penggerak yang dikombinasikan dengan mesin bensin.

Baterai mobil hybrid ini perlu dijaga agar usia pakai lebih lama alias tidak cepat rusak karena biayanya cukup mahal.

Berikut tips merawat baterai mobil hybrid yang dirangkum dari akun Instagram Toyota.id hari ini, Rabu, 9 November:

Periksa kondisi baterai 1 bulan sekali

Pengemudi harus rutin melakukan pemeriksaan terhadap kondisi baterai mobil hybrid secara rutin, setidaknya satu bulan sekali. Jangan lupa bersihkan juga korosi pada terminal. Apabila ada kerusakan, segera ganti agar komponen mobil tetap bekerja secara optimal.

Ganti filter kipas baterai

Selain memeriksa kondisi baterai hal yang perlu kita perhatikan adalah filter kipas baterai. Kita perlu membersihkan filter kipas baterai mobil hybrid karena bila komponen ini kotor pendinginan kurang optimal sehingga kita perlu mengganti filter kipas baterai ini setiap mencapai jarak 80.000 km.

Periksa komponen seperti inverter dan cairan pendingin

Agar baterai mobil hybrid awet dan tahan lama perlu dilakukan pengecekan terhadap komponen-komponen mobil hybrid seperti engine, sasis, dan electrical. Selain itu, pemilik mobil juga perlu mengecek cairan pendingin per 40.000 km.

Hal yang tak kalah penting yakni melakukan pengecekan inverter secara rutin. Inverter ini berfungsi untuk mengubah tenaga baterai menjadi tenaga penggerak

KHOLIS KURNIA WATI | TOYOTA.ID | JOBPIE

Baca: Mengapa Honda Pilih Pasarkan Mobil Hybrid Ketimbang Mobil Listrik 

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Mobil Hybrid
#Baterai Mobil Listrik
#Mobil Listrik
#Baterai Mobil Hybrid
#Mobil Listrik Baterai
#Baterai

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi