Tips Mengemudi Mobil Hemat BBM
Reporter: magang_merdeka
Editor: Jobpie Sugiharto
Sabtu, 19 November 2022 19:39 WIB
Ilustrasi SPBU Pertamina. ANTARA
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Mengemudi mobil dan sepeda motor harus hemat BBM atau bahan bakar minyak. Apalagi saat ini harga BBM telah mengalami kenaikan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pengemudi mobil harus memperhatikan beberapa tips agar bisa menghemat BBM, seperti jangan berkendara secara sembrono yang bisa membuat BBM cepat habis.

Mengutip Top Gear hari ini, Sabtu, 19 November 2022, cara paling efektif menghemat BBM adalah dengan mengemudi mobil dengan tepat. Cara mengemudi yang keliru terkadang bisa membuat mobil mengkonsumsi BBM lebih banyak. Jika pengendara mobil tahu bagaimana mengendalikan kendaraannya secara tidak langsung bisa menghemat biaya BBM.

Berikut tips mengemudi mobil untuk menghemat BBM, dikutip dari Top Gear hari ini, Sabtu, 19 November 2022:

Berkendara secara santaiCara menghemat BBM yang efektif adalah memgemudi mobil dengan pelan dan lebih hati-hati. Jika berkendara secara cepat dan menekan penuh gas mobil mak akan menggunakan memakan lebih banyak BBM.

Periksa tekanan ban dan rawat mobilApabila mobil dalam keadaan baik dan sering melakukan perawatan akan berpengaruh terhadap performa mobil. Pengemudi harus secara rutin memeriksa tekanan ban mobil dan rem secara teratur karena hal ini juga bisa meningkatkan efisiensi BBM.

Jangan mengangkut beban yang tidak perluSemakin banyak beban yang dibawa, semakin besar beban mobil dalam melaju. Jadi jika semua barang bisa disingkirkan akan meringankan beban mobil sehingga efisien BBM.

Kelola AC mobil dan cruise controlAC mobil pada dasarnya adalah pompa besar yang memaksa mesin untuk mengeluarkan tenaga lebih banyak. Mematikan AC membantu efisiensi BBM. Selain itu, gunakan fitur cruise control secara bijak untuk menghemat BBM.

KHOLIS KURNIA WATI | TOP GEAR | JOBPIE

Baca: Tips Mengemudi Hemat BBM untuk Mobil Matik dan Mobil Manua

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi