5 Tips Menghemat Bensin Saat Megendarai Mobil
Reporter: Bisnis.com
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 8 Desember 2021 13:25 WIB
Ilustrasi kabin mobil. (Auto2000)

GOOTO.COM, Jakarta - Menghemat bahan bakar minyak (BBM) atau bensin adalah salah satu hal yang ingin dilakukan oleh setiap pengemudi. Untuk bisa melakukannya, ada beberapa tips yang harus diperhatikan agar mobil Anda tidak boros.

Pada dasarnya, Irit atau tidaknya sebuah kendaraan tergantung dari karakter pengendaranya. Bagi mereka yang memiliki karakter agresif saat mengendarai mobil, maka akan cendereung lebih boros.

Maka dari itu, kali ini redaksi Gooto.com mencoba untuk merangkum 5 tips mengemudi hemat BBM, dilansir dari Auto2000. Berikut ulasannya:

  1. Rencanakan Perjalanan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah merencanakan perjalanan. Hal ini nantinya akan meminimalisir adanya sikap terburu-buru dalam berkendara. Dengan mengendarai mobil secara santai, maka BBM pun akan lebih irit. Tak hanya itu, keselamatan pun akan diutamakan jika sudah merencanakan perjalanan.

  1. Hindari Stop and Go

Tips kedua adalah menghindari stop and go. Pasalnya, apabila pengereman dilakukan, secara otomatis kecepatan berkurang dan mobil membutuhkan energi untuk kembali melaju. Jika itu dilakukan secara terus-menerus, maka agak sulit untuk mengirit bensin. Hal ini akan berlaku bagi mobil manual maupun matik.

  1. Jaga Jarak

Salah satu cara menghindari stop and go adalah menjaga jarak dari kenderaan lain yang ada di depan. Dengan memberikan ruang, maka Anda tidak perlu menggunakan rem. Pengendara hanya perlu melepas pedal gas secara perlahan dan memaksimalkan engine brake. Apabila situasi tidak memungkinkan, maka gunakan rem demi keselamatan.

  1. Dilarang Melakukan Kick Down

Kick down adalah istilah yang ada dalam mengemudikan mobil matik, di mana nantinya para pengendara mendapatkan akselerasi instan dengan cara menekan penuh pedal gas secara mendadak. Langkah ini tentunya akan membuat bensin Anda menjadi boros.

  1. Jaga Putaran Mesin

Terakhir, Anda juga diminta untuk menjaga putaran mesin. Bagi mereka yang menggunakan mobil manual, maka sesuaikan kecepatan dengan gigi yang dipakai. Anda juga harus mencoba mendapatkan waktu yang tepat saat perpindahan transmisi. Pastikan mesin tidak ngeden saat sedang berjalan dengan kecepatan tinggi.

Baca: Persiapkan Kendaraan dan Tubuh, Simak Tips Touring Sepeda Motor

BISNIS

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram

#Tips
#Bensin
#Hemat BBM
#Tips Mengemudi Hemat BBM
#Mobil

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi