Persiapkan Kendaraan dan Tubuh, Simak Tips Touring Sepeda Motor
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 1 Desember 2021 07:00 WIB
Touring Honda New MegaPro. foto: PT AHM

GOOTO.COM, Jakarta - Pengguna sepeda motor sering memanfaatkan waktu kosongnya untuk riding jarak jauh atau touring. Namun sebelum melakukan touring, perlu adanya persiapan matang untuk memastikan keamanan dan keselamatan selama perjalanan.

Sebelum berangkat touring, pengendara perlu melakukan persiapan mulai dari mempersiapkan diri, sepeda motornya, hingga peralatan keselamatan lainnya. Banyak yang beranggapan bahwa touring bersama kelompok dapat menekan risiko kecelakaan saat di jalan, nyatanya tidak sama sekali.

Berikut adalah tips touring sepeda motor agar aman dan selamat selama diperjalanan, dikutip dari laman Wahana Honda hari ini, Rabu, 1 Desember 2021.

1. Persiapkan Diri

Sebelum touring, harus dipastikan kondisi diri atau tubuh dalam keadaan prima. Sebelum berangkat, beristirahatlah yang cukup, jaga kondisi fisik dan mental.

Kemudian ketika sudah berangkat, beristirahatlah setiap menempuh perjalanan selama dua hingga tiga jam. Selain itu, hindari konsumsi minuman berenergi maupun minuman berkafein secara berlebihan.

2. Persiapkan Sepeda Motor

Selain tubuh yang prima, kondisi sepeda motor juga harus dipastikan dalam keadaan optimal. Pasalnya, motor akan digunakan untuk menempuh jarak yang jauh, sehingga perlu dilakukan pemeriksaan pada bagian penting seperti rem, mesin, ban, hingga lampunya. Disarankan untuk melakukan servis terlebih dahulu di bengkel sebelum memulai perjalanan.

3. Gunakan Safety Gear yang Sesuai

Sebelum berangkat, pastikan alat keamanan berkendara atau safety gear sudah terpenuhi semua. Safety gear tersebut meliputi helm full face, masker, sarung tangan, jaket, celana panjang berbahan tebal, serta wajib menggunakan sepatu. Kemudian disarankan juga menggunakan rompi pelindung angin, deker, hingga jas hujan.

Apabila kondisi tubuh sehat, kondisi motor prima, dan safety gear lengkap, maka hal tersebut bisa mengurangi risiko kecelakaan selama perjalanan. Namun selama berkendara, harus tetap waspada serta patuhi rambu lalu lintas dan etika berkendara.

Baca: Komunitas Mobil VW Klasik Gelar Touring ke Sumatera dan Berikan Bansos

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram

#Touring
#Sepeda Motor
#Tips
#Kendaraan
#Tubuh

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi