Pemkot Ambon Masih Hitung Anggaran Kendaraan Dinas Listrik
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 29 November 2022 12:54 WIB
Sebuah kendaraan listrik sedang mengisi daya di SPKLU Gambir, Jakarta, 19 Juli 2022. TEMPO/Wawan Priyanto

GOOTO.COM, Jakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Maluku, dilaporkan masih menghitung dan mengkaji kemampuan anggaran keuangan daerah untuk kendaraan dinas listrik. Langkah ini diambil untuk mengikuti Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022.

Hal itu dibenarkan langsung oleh Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena. Dirinya menjelaskan bahwa pemerintah Ambon bakal memperhitungkan anggaran dan stok kendaraan di daerah untuk kebijakan kendaraan dinas listrik.

Selain fasilitas stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU), pemerintah juga dinilai wajib memperhitungkan jumlah dealer. Karena sampai saat ini baru ada satu dealer mobil listrik di Ambon, yakni Hyundai.

Di sisi lain, Ketua Komisi II DPRD Ambon, Christianto Laturiuw mendorong organisasi perangkat daerah (OPD) untuk memasukkan dana mobil listrik pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023.

“Memang untuk pengadaan mobil listrik itu sebetulnya dalam pokok pembahasan kita dengan masing-masing OPD pada konsep belanja barang belanja modal itu belum ditampakkan. Tapi kami tentunya juga dorong agar diusulkan ke APBD 2023 ini,” kata dia, dilansir dari Antara.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan penggunaan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas. Ia pun menyambut positif arahan orang nomor satu di Indonesia tersebut.

“Tentunya kami mendorong untuk pengadaan mobil listrik, kalau sudah disampaikan dalam bentuk instruksi presiden, ini harus disambut positif juga oleh pemerintah kabupaten/kota,” kata Laturiuw menambahkan.

Dirinya juga menilai bahwa penggunaan mobil listrik sangat penting untuk lingkungan. Selain itu, kata dia, kendaraan dinas listrik juga bisa menghemat anggaran untuk biaya bahan bakar minyak (BBM).

“Keberadaan mobil listrik ini tentunya penting, karena juga akan menghemat anggaran BBM. Tetapi untuk pengadaan mobil listrik sendiri juga kan butuh biaya yang besar, makanya kita usulkan juga ke Pemkot agar segera dibahas lebih lanjut,” ujar dia.

Baca juga: Komunitas Mobil Toyota Wish Gelar HUT Ke-8, Kampanyekan Go Green

ANTARA

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Kendaraan Dinas Listrik
#Ambon
#anggaran
#APBD
#Mobil Listrik
#Kendaraan Listrik

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi