Agar Tak Parkir di Bahu Jalan, Simak Ukuran yang Pas Buat Carport
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 5 Desember 2022 08:00 WIB
Mini cooper milik Penasehat Fraksi Partai Demokrat DPRD DKI Jakarta Mayjen TNI (Purn) Ferrial Sofyan yang terparkir di tengah jalan parkiran Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin, 12 September 2022. TEMPO/Lani Diana

GOOTO.COM, Jakarta - Pemilik mobil wajib memiliki garasi atau carport untuk menyimpan kendaraannya. Jangan sampai seperti yang banyak terjadi di Indonesia, di mana pemilik kendaraan memilih parkir di bahu jalan hingga mengganggu lalu lintas.

Dalam membuat carport, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah ukuran. Pembuatan carport atau garasi tidak semata-mata hanya bisa masuk mobil saja, tetapi juga harus ada jarak aman, ruang gerak, dan ketinggiannya.

Melansir laman Auto2000 hari ini, Senin, 5 Desember 2022, carport itu harus memiliki jarak aman setidaknya 1 meter dari ukuran mobil. Kemudian untuk panjang carport, jika panjang mobil 4,6 meter, maka ukuran carport harus dibuat menjadi 6 meter.

Jarak aman ini harus diperhatikan demi membuat ruang yang cukup untuk bergerak dan keluar-masuk mobil. Dengan demikian, kehadiran carport ini bisa berfungsi lebih maksimal dan tidak mengganggu lalu lintas.

Untuk ukuran carport kapasitas satu mobil, disarankan memiliki panjang 6 meter, lebar 2,5 meter, tinggi 2,5 meter, kemiringan lantai 1-2 ke arah depan, jarak aman 1 meter, ruang gerak di sekitar 1 meter, dan jalur ban mobil 50-75 cm.

Sementara untuk ukuran carport kapasitas 2 mobil direkomendasikan memiliki panjang 6 meter, lebar 6 meter, tinggi 2,5 meter, jarak antara mobil 60-80 cm, kemiringan lantai 1-2 ke arah depan, jarak aman dengan dinding samping 1 meter, ruang gerak di sekitar 1 meter, jalur ban mobil 50-75 cm.

Baca juga: Konversi Angkot Listrik Direncanakan Hadir di Bogor

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Parkir
#Garasi
#Mobil
#Parkir di Bahu Jalan
#Auto2000

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi