Mengenal Fitur Cerdas Toyota Safety Sense pada Kijang Innova Zenix Hybrid
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 30 Desember 2022 15:27 WIB
Tombol pengaturan fitur Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA) pada setir Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid TSS. (TAM)

GOOTO.COM, Jakarta - All New Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid tipe tertinggi dibekali dengan fitur keamanan cerdas Toyota Safety Sense (TSS). Redaksi Gooto berkesempatan untuk menjajal fitur canggih tersebut dalam sesi test drive dari Jakarta menuju Semarang pada 19-20 Desember 2022.

Ini adalah fitur TSS 3.0 atau terbaru yang sudah dikembangkan, sama seperti yang dipakai pada Toyota Prius, bZ4X, dan Voxy terbaru. 

TSS juga terdapat pada sejumlah mobil Toyota seperti Veloz dan Raize, namun masih di bawah TSS milik Kijang Innova Zenix Hybrid tipe tertinggi ini. 

Fitur TSS pada Kijang Innova Zenix Hybrid tipe tertinggi adalah Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA), Lane Tracing Assist (LTA), dan Automatic High Beam (AHB).

Baca juga: Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid Vs Wuling Almaz Hybrid, Pilih Mana?

Fitur pertama yang kami eksplorasi adalah Dynamic Radar Cruise Control (DRCC). Kebetulan karena memang sedang berkendara di jalan tol, tempat yang cocok untuk menjajalnya. Fitur ini terbukti sangat membantu ketika sedang melakukan perjalanan jarak jauh di jalan tol. Pengemudi dapat lebih santai saat berada di belakang kemudi karena tidak perlu menekan pedal gas untuk berakselerasi maupun menginjak rem untuk mengurangi kecepatan.

Kecepatan mobil dapat mengikuti kendaraan lain di depan, baik saat berakselerasi maupun pengereman. Pengemudi juga dapat mengatur batas maksimal kecepatan saat DRCC ini diaktifkan. 

Prinsip kerjanya, sensor membaca pergerakan kendaraan di depan. Pengemudi dapat mengatur jarak aman yang diinginkan. Lalu, sistem akan secara otomatis melakukan pengereman jika kendaraan di depannya juga melambat. Begitu pula saat kendaraan di depan menambah kecepatan, mobil secara otomatis juga akan melaju lebih cepat mengikuti kendaraan di depannya. Sistem otomatis berhenti bekerja jika pengemudi menginjak pedal rem. 

Pelambatan secara otomatis mengikuti kendaraan di depannya ketika DRCC ini aktif diintegrasikan dengan fitur Pre-Collision System. Fitur ini mampu membaca keberadaan kendaraan di depan dan sensor kemudian akan memerintahkan sistem untuk secara otomatis mengurangi laju mobil yang kita kendarai tanpa harus menginjak pedal rem. 

Toyota Kijang Innova Zenix Hyrbid Tipe Q TSS saat test drive Jakarta-Semarang, 19 Desember 2022. (TAM)

Hebatnya, fitur ini mampu membaca keberadaan obyek di sekitar mobil dengan sangat baik, khususnya pejalan kaki serta pesepeda baik siang hari dan malam hari.

Berikutnya adalah fitur Lane Departure Alert (LDA). Fitur ini mampu membaca marka jalan tol, baik yang berwarna putih maupun kuning. Tangkapan kamera sensor diolah oleh sistem yang kemudian diintegrasikan ke setir. Fungsi LDA ini menjaga mobil tetap berada di jalurnya. Misalnya ketika mobil secara tidak sadar keluar jalur, sensor membaca marka jalan dan kemudian memerintahkan setir untuk melakukan koreksi secara otomatis. 

Fitur ini sangat membantu saat pengemudi kehilangan konsetrasi ketika mengemudi di jalan tol. Meski setir bisa melakukan koreksi secara otomatis, posisi tangan pengemudi tetap harus memegang kendali setir secara penuh. Jika tidak, layar MID akan memunculkan tanda peringatan agar pengemudi memegang setir. 

Selanjutnya adalah Lane Tracing Assist (LTA). Fitur ini terintegrasi dengan fitur LDA. Melalui fitur LTA, mobil dapat mendeteksi marka jalan dan mobil di sekitar melalui radar dan kamera. 

Di sini, saat mobil menginjak garis marka jalan misalnya, sistem akan memberikan peringatan di panel instrumen dengan suara dan getaran pada setir. Hal ini selain untuk menjaga mobil tetap berada di jalurnya, juga memberikan peringatan secara langsung kepada pengemudi untuk tetap fokus saat berada di balik kemudi.

Nah, meski Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid Tipe Q TSS memiliki fitur keselamatan yang canggih, pengemudi tetap harus waspada dan fokus saat berkendara. Teknologi canggih di atas hanya bersifat membantu memudahkan pekerjaan pengemudi dalam berkendara. 

Baca juga: Test Drive Kijang Innova Zenix Hybrid: Konsumsi BBM Tembus 22,7 Km per Liter

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Kijang Innova Zenix Hybrid
#Toyota Kijang Innova Zenix
#Kijang Innova Zenix
#Toyota Kijang Innova
#Kijang Innova
#test drive
#Toyota Safety Sense

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi