Baterai Listrik Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid Tiba-tiba Panas, Ini Penyebabnya
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 24 Maret 2023 08:55 WIB
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaPemilik Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid perlu menjaga agar baterai listrik mobilnya selalu dalam keadaan optimal. Salah satunya menjaga kisi-kisi ventilasi tidak tertutup oleh benda lain ketika mobil digunakan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ventilasi tersebut berada di bagian bawah jok penumpang, dipastikan jangan sampai tertutup oleh barang bawaan. Fungsinya adalah membawa udara dingin ke kompartemen baterai untuk menjaga baterai listrik tetap dingin.

“Kalau dibiarkan tertutup ventilasinya, pendinginan HV baterai akan terganggu dan suhunya meningkat. Kondisi ini menyebabkan HV baterai menjadi overheat dan kinerjanya juga akan menurun, baik pada saat charge maupun discharge. Oleh sebab itu, jangan menutup air intake duct HV baterai yang ada di bawah jok penumpang depan Innova Zenix Hybrid,” ujar Ali Rosyadi, Service Technical - Aftersales Business Division Auto2000.

Kisi ventilasi Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid di bagian bawah jok penumpang. (Foto: Auto2000)

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid terdapat motor blower yang berfungsi menyalurkan udara dari kabin melalui saluran pendingin (air intake duct) dalam bentuk kisi udara yang terletak di bawah jok penumpang depan. Jika air intake duct tertutup, maka udara yang dialirkan sebagai pendingin HV baterai akan terhambat bahkan hilang sama sekali.

 Apabila tidak sadar ventilasi ini tertutup oleh barang bawaan, akan ada peringatan di indikator HV baterai. Sehingga pengendara bisa langsung mengetahui bila baterai alami masalah dalam pendinginan.

Jika HV baterai rusak, maka baterai ini tidak dapat menyimpan listrik yang dihasilkan oleh motor generator saat kondisi charging. Ketika kondisi SOC (State of Charge/pengisian) berada di bawah nilai yang ditetapkan oleh sistem, maka mesin bensin akan hidup secara terus menerus sebagai sumber tenaga utama kendaraan.

Ada proses pembersihan secara berkala saringan saluran pendingin dan cooling blower filter sebagai penyaring udara yang akan dialirkan untuk mendinginkan HV baterai, serta cairan pendingin inverter. Termasuk, mengingatkan pelanggan perihal pentingnya air intake duct dan cooling blower filter untuk menjaga kondisi HV baterai di mobil Toyota.

Pilihan Editor: Tips Mencuci Mobil agar Terlihat Kinclong

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi