Jadwal Peluncuran Tim MotoGP 2023, Yamaha Pertama
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Minggu, 1 Januari 2023 15:24 WIB
Pembalap dari tim Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia, pembalap dari tim Gresini Racing MotoGP, Enea Bastianini, dan pembalap dari tim Repsol Honda Marc Marquez saat beraksi dalam Grand Prix MotoGP Malaysia 2022 di Sirkuit Sepang International, Sepang, Malaysia, 23 Oktober 2022. REUTERS/Hasnoor Hussain
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Delapan dari sebelas tim MotoGP telah mengeluarkan jadwal peluncuran tim dan sepeda motor untuk musim 2023. Monster Energy Yamaha akan menjadi tim pertama yang memperkenalkan sepeda motor barunya pada 17 Januari 2022. Tim ini diperkuat Juara Dunia 2021 Fabio Quartararo (Prancis) dan Franco Morbidelli (Italia). Quartararo menempati posisi runner up pada klasemen akhir musim 2022. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selanjutnya adalah tim asal Italia Gresini Racing MotoGP yang akan membuka selubung motor Ducati Desmosedichi GP22 pada 21 Januari. Tim ini diperkuat oleh Alex Marquez (Spanyol) dan Fabio Di Giannantonio (Italia). Gresini merupakan tim MotoGP yang mendapatkan dukungan sponsor dari merek-merek asal Indonesia. Di antaranya adalah Federal Oil, Aspira (Astra Otoparts), Antangin, Bold Riders, MS Glow for Men, dan sebagainya. 

23-24 Januari akan menjadi hari bagi Ducati Lenovo Team untuk memperkenalkan sepeda motor barunya. Tim juga berasal dari Italia ini menggunakan motor Ducati Desmosedichi GP23 yang akan ditunggangi Juara Dunia MotoGP 2022 Francesco Bagnaia (Italia) dan peingkat ketiga klasemen akhir 2022, Enea Bastianini (Italia). Duo Italia ini diperkirakan akan mendominasi perburuan gelar juara dunia untuk musim ini. 

Prima Pramac Racing yang juga menjadi tim satelit Ducati akan melakukan peluncuran sepeda motor pada 25 Januari. Tim ini masih diperkuat pembalap yang sama dengan musim 2022, Johann Zarco (Prancis) dan Jorge Martin (Spanyol). 

Tim asal Austria KTM Factory Racing memilih tanggal 26 Januari sebagai hari peluncuran sepeda motor dan pembalap. Tim ini akan mengandalkan Brand Binder (Afrika Selatan) dan Jack Miller (Australia) untuk musim 2022. 

Berikutnya adalah Repsol Honda Team yang akan meluncurkan sepeda motor dan memperkenalkan pembalap baru pada 25 Februari. Tim ini masih akan diperkuat oleh Juara Duia delapan kali Marc Marquez (Spanyol) dan pembalap baru Joan Mir (Spanyol). Mir merupakan mantan pembalap Suzuki Ecstar yang menjadi Juara Dunia musim 2020. 

Tech3 GASGAS Factory Racing menjadi tim selanjutnya yang akan memperkenalkan diri. Tim baru yang menggunakan mesin KTM ini dijadwalkan memperkenalkan sepeda motor dan pembalap pada 4 Maret. Tim ini diperkuat Pol Espargaro (Spanyol) yang sebelumnya di Repsol Honda Team dan Augusto Fernandez (Spanyol), debutan yang naik kelas dari Moto2. 

RNF MotoGP Team menjadi tim kedelapan yang akan memperkenalkan tim dan pembalap pada 16 Maret. Tim ini meninggalkan Yamaha yang dipakai pada musim lalu dan berganti dengan Aprilia di musim 2023. Pembalapnya juga baru, yakni juara MotoGP Indonesia Miguel Oliveira (Portugal) dan Raul Fernandez (Spanyol) yang merupakan jebolan tim Tech3 KTM musim 2022. 

Tiga tim lainnya yakni Aprilia Racing, LCR Honda, dan Mooney VR46 Racing Team, belum mengumumkan jadwal peluncuran. Aprilia Racing diperkuat pembalap Aleix Espargaro (Spanyol) dan Maverick Vinales (Spanyol). Sedangkan LCR Honda mengandalkan Takaaki Nakagami (Jepang) dan Aleix Rins (Spanyol). Sementara itu, Mooney VR46 Racing Team diperkuat Luca Marini (Italia) dan Marco Bezzecchi (Italia). 

MotoGP musim 2023 akan digelar sebanyak 21 seri dengan Portugal sebagai balapan pembuka pada 26 Maret. Sedangkan MotoGP Indonesia yang digelar di Sirkuit Mandalika masuk seri ke-16 pada 16 Oktober 2023. 

Baca juga: MotoGP: Bos Ducati Ingin Bagnaia Ganti Nomor 1, Percaya Takhayul?

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi