Volume Kendaraan Capai 6.500 per Jam, Tol Japek II Selatan Dioperasikan
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 2 Januari 2023 12:01 WIB
Sejumlah kendaraan melaju di jalan tol Jakarta - Cikampek (Japek) KM 47, Karawang, Jawa Barat, Rabu, 28 Oktober 2020. Ribuan kendaraan meninggalkan Jakarta di hari pertama liburan panjang akhir pekan. ANTARA/M Ibnu Chazar
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Jasa Marga melalui anak perusahaannya, PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) mulai mengoperasikan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan (Tol Japek II Selatan) pada Minggu sore, 1 Januari 2023. Segmen yang dioperasikan itu adalah Sadang-Kutanegara arah Jakarta.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hal tersebut dibenarkan langsung oleh Direktur Utama PT Jasamarga Japek Selatan Charles Lendra dalam keterangan resminya. Dirinya menjelaskan pengoperasian Jalan Tol Japek II Selatan dibuka secara fungsional karena kepadatan arus lalu lintas.

Volume kendaraan arus lalu lintas terpantau tinggi di Susun Dawuan KM 66 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta merupakan titik pertemuan dari arah Bandung yang melewati Tol Cipularang, dana rah Tol Cipali.

Pembukaan akses menuju tol Japek II Selatan ini dimulai dari pukul 16.55 WIB. “Jalur fungsional Jalan Tol Japek II Selatan dibuka atas diskresi Kepolisian," kata Charles Lendra, seperti dilansir Tempo.co dari situs berita Antara hari ini, Senin, 2 Januari 2023.

Lebih lanjut dirinya mengatakan bahwa arus lalu lintas di KM 66 Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta telah melibihi indikator pengalihan ke jalur fungsional. Menurutnya pada Minggu sore, jumlah kendaraan melibihi 6.500 per jam.

"Tidak hanya itu, kami juga memantau tidak ada kepadatan lalu lintas di Jalan Provinsi (jalan industri) setelah akses keluar dari jalur fungsional,” ujar dia menjelaskan.

Lendra juga menyebut jalur fungsional Tol Japek II Selatan dibuka hanya untuk kendaraan kecil atau golongan I dengan kecepatan maksimal hanya 60 km/jam. Ia pun turut mengimbau agar pengendara memenuhi kecukupan bahan bakar dan saldo uang elektronik.

“Pengguna jalan dari arah Bandung dapat masuk jalur fungsional Jalan Tol Japek II Selatan Segmen Sadang-Kutanegara melalui KM 77+100 Jalan Tol Cipularang arah Jakarta dan keluar melalui Gerbang Tol (GT) Kutanegara untuk melanjutkan perjalanan melalui jalan provinsi (jalan industri)," ucap dia.

Baca juga: Kecelakaan di Bintan Sepanjang 2022 Alami Penurunan, Jadi 56 Kasus

ANTARA

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi