MotoGP: Joan Mir Akui Kecepatan Tikungan Marc Marquez Melebihinya
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 4 Januari 2023 14:02 WIB
Pembalap Team Suzuki Ecstar Joan Mir duduk di garasi tim saat sesi latihan bebas 1 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat 18 Maret 2022. Ajang balapan MotoGP seri kedua 2022 tersebut berlangsung pada 18-20 Maret 2022. ANTARA FOTO/Andika Wahyu
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Joan Mir dipastikan bakal memperkuat tim pabrikan Repsol Honda pada Grand Prix MotoGP 2023 mendatang. Dirinya bakal berduet bersama juara dunia delapan kali, yakni Marc Marquez.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mantan pembalap Suzuki Ecstar tersebut sudah menjajal motor balap honda RC213V yang bakal digunakan di MotoGP 2023. Kesempatan itu ia dapatkan ketika tampil di tes Valencia pada November lalu.

Dirinya melakukan percobaan motor balap Honda bersama Marc Marquez. Mir menilai bahwa penampilan rekan barunya tersebut begitu mengesankan, bahkan menurutnya kecepatan Marquez di tikungan luar biasa.

“Saya melakukan beberapa putaran dengannya selama tes dan juga bertukar beberapa data. Dia (Marc) tahu persis bagaimana sepeda motor bekerja. Dia bisa mengendarainya dengan cara yang dibutuhkan motor,” kata dia, dikutip Gooto.com dari Speedweek.

“Dia berbelok dengan sangat cepat, mungkin lebih cepat daripada yang saya lakukan pada motor sebelumnya. Penyaluran tenaganya juga berbeda. Saya harus membiasakan diri dan Marc tahu betul bagaimana melakukannya,” tambah dia.

Lebih lanjut Joan Mir mengatakan bahwa berbagi pit dengan Marquez adalah sebuah mimpi yang menjadi kenyataan. Karena menurut dia, Marquez merupakan salah satu pembalap terbaik di Grand Prix MotoGP.

“Di satu sisi ini bisa sangat bagus, di sisi lain mungkin lebih sulit. Anda dapat bertukar data dengannya dan belajar banyak darinya,” kata juara dunia MotoGP 2020 tersebut.

“Kami berbicara tentang arah yang ingin kami tuju. Sangat penting untuk mendorong bersama ke arah yang sama. Kami ingin mengambil jalan yang benar bersama,” tutup dia.

Joan Mir sendiri menyelesaikan MotoGP 2022 dengan hasil kurang mengesankan. Pembalap berkebangsaan Spanyol tersebut bahkan tak mampu meraih podium satu kalipun sepanjang musim lalu.

Posisi terbaiknya hanya finis di P4 sebanyak tiga kali (GP Argentina, Amerika Serikat dan Catalunya). Hasil tersebut membuat Joan Mir harus puas mendekam di peringkat ke-15 di klasemen MotoGP 2022 dengan raihan 87 poin.

Baca juga: 5 Pembalap Suzuki dengan Kemenangan Terbanyak dalam Sejarah MotoGP

SPEEDWEEK

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi