5 Pembalap Suzuki dengan Kemenangan Terbanyak dalam Sejarah MotoGP
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 3 Januari 2023 14:55 WIB
Pembalap Alex Rins dari tim Suzuki Ecstar merayakan kemenangannya di balapan MotoGP Australia di Sirkuit Grand Prix Phillip Island, Australia, Ahad, 16 Oktober 2022. REUTERS/Loren Elliott
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Tim pabrikan secara remi memutuskan untuk mundur dari ajang Grand Prix MotoGP pada akhir musim lalu. Artinya, tim asal Jepang tersebut dipastikan tidak akan menjadi peserta di MotoGP 2023.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Suzuki sendiri telah menjadi merek klasik di kejuaraan dunia balap motor. Tak jarang pembalap-pembalap ternama di dunia berhasil menorehkan kemenangan bersama tim pabrikan Suzuki dalam sejarah MotoGP.

Dalam kesempatan ini, redaksi Gooto.com bakal merangkum lima pembalap Suzuki yang paling banyak menorehkan kemenangan dalam sejarah MotoGP. Berikut ulasannya, dilansir dari Motosan hari ini, Selasa, 3 Januari 2023:

  1. Alex Rins

Pada urutan kelima dalam daftar ini ada sosok pembalap terakhir Suzuki di musim 2022, yakni Alex Rins. Pembalap berkebangsaan Spanyol tersebut mampu menorehkan kemenangan sebanyak lima kali bersama Suzuki Ecstar.

Selain Rins, ada juga pembalap Suzuki lainnya yang menorehkan lima kemenangan di Grand Prix MotoGP, mereka adalah Franco Uncini, Wil Hartog dan Randy Mamola. Hanya Uncini yang berhasil menorehkan gelar juara dunia, yakni pada musim 1982 silam.

  1. Marco Lucchinelli

Selanjutnya adapa Marco Lucchinelli yang berhasil meraih kejayaan bersama tim pabrikan Suzuki di ajang MotoGP 1981 silam. Ini merupakan tahun emas baginya, di mana ia mampu mengoleksi lima kemenangan.

Pada musim sebelumnya, pembalap berkebangsaan Italia tersebut berhasil meraih satu kemenangan. Secara total, Lucchinelli berhasil mengantongi enam kemenangan dalam sejarah Suzuki di MotoGP.

  1. Kenny Roberts Jr.

Kenny Roberts Jr. merupakan salah satu pembalap legendaris yang pernah dimiliki Suzuki. Ia merupakan anak dari mantan juara dunia 500cc Amerika pertama, yakni Kenny Roberts. Anak dan ayah tersebut diketahui sama-sama berhasil menorehka gelar juara di MotoGP.

Sang anak, Kenny Robert Jr., berhasil menorehkan gelar juara dunia MotoGP pada musim 2000 silam. Jika dihitung secara total, maka dirinya telah mengantongi delapan kemenangan di Grand Prix MotoGP bersama Suzuki.

  1. Barry Sheene

Barry Sheene merupakan pembalap Suzuki yang berhasil meraih dua gelar juara dunia MotoGP, yakni pada musim 1976 dan 1977 silam. Dalam periode tersebut, rider asal Inggris ini berhasil membukukan 11 kemenangan dalam sejarah Suzuki.

  1. Kevin Schwantz

Dia adalah raja Suzuki yang mampu menorehkan 25 kemenangan di Grand Prix MotoGP bersama tim pabrikan Jepang. Dirinya berhasil menjadi juara dunia pada musim 1993, sekaligus melanjutkan dominasi pembalap Amerika serikat dalam enam musim beruntun.

Baca juga: Truk ODOL Bermuatan 50 Ton Lebih Tak Boleh Masuk Pelabuhan Bakauheni

MOTOSAN

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi