3 Kebiasaan Berkendara untuk Jaga Performa Mobil Manual
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Sabtu, 24 Desember 2022 15:24 WIB
Ilustrasi tips berkendara. (Foto: Auto2000)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Suzuki Indomobil Sales memberikan tips berkendara untuk menjaga performa mobil manual. Menurut mereka ada tiga kebiasaan berkendara yang perlu diperhatikan untuk membuat mobil bertransmisi manual tetap prima.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Meski banyak produsen yang meluncurkan kendaraan bertansmisi otomatis atau matik, akan tetapi sebagian konsumen masih tertarik menggunakan mobil manual. Itu tak terlepas dari keandalan dan ketangguhan yang diklaim melebihi mobil matik.

Hal tersebut dibenarkan langsung oleh Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales Hariadi dalam keterangan resminya. Dirinya menjelaskan bahwa saat ini masih banyak pengguna mobil manual di sejumlah wilayah Indonesia.

“Kebiasaan mereka saat mengoperasikannya pun ternyata beragam. Maka dari itu, kami merasa perlu membagikan saran agar mengemudi mobil bertransmisi manual bisa terasa lebih nyaman, aman dan awet,” kata dia dalam rilis.

Setidaknya ada tiga kebiasaan berkendara yang perlu dilakukan oleh setiap pemilik mobil manual. Berikut redaksi Gooto.com merangkumnya, dilansir dari laporan resmi PT Suzuki Indomobil Sales:

  1. Tuas Transmisi Harus dalam Posisi Netral Saat Mobil Berhenti

Tips atau kebiasan berkendara pertama yang bisa membuat performa mobil manual Anda terjaga adalah memindahkan tuas transmisi ke posisi netral saat berhenti. Hal itu bisa dilakukan saat berada di kemacetan atau di lampu merah.

Kebiasaan ini dinilai dapat membuat otot kaki pengemudi cepat lelah. Maka dari itu Suzuki Indomobil Sales menyarankan agar pengendara memindahkan tuas transmisi ke posisi netral, serta menggunakan rem tangan.

  1. Jangan Terlalu Sering Pegang Tuas Transmisi

Sebagian pengemudi mungkin memiliki kebiasaan berkendara dengan meletakkan tangan di bagian tuas transmisi. Hal ini nyatanya akan berpengaruh pada kesigapan pengendara, maka lebih baik dihindari.

Suzuki menyarankan agar pengemudi melepaskan tangan setelah memindahkan tuas transmisi dan kembalikan posisi tangan ke setir. Dengan begitu, Anda bakal lebih aman dan cepat bereaksi saat berkendara.

  1. Jangan Selalu Injak Pedal Kopling Setengah

Terakhir, pengendara sebaiknya tidak menginjak kopling setengah saat mobil berhenti, khususnya di posisi tanjakan. Beberapa pengemudi mungkin masih melakukan kebiasaan ini demi mobil tidak mundur.

Akan tetapi kebiasaan berkendara seperti itu bisa merugikan pemilik mobil manual, karena akan membuat gesekan berlebih pada kanvas kopling. Pengendara disarankan untuk menggunakan rem tangan agar mobil tidak mundur saat berhenti di tanjakan.

Baca juga: Hal yang Harus Diwaspadai Pemilik Mobil Matik Sebelum Libur Nataru

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi