Tips Evakuasi Mobil yang Terdampak Gempa
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 20 Desember 2022 18:00 WIB
Mobil hancur dan jalanan rusak akibat gempa di Desa Sarampad, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa, 22 November 2022. Gempa berkekuatan 5,6 SR mengakibatkan sejumlah rumah dan jalan rusak parah di Desa Sarampad, Kabupaten Cianjur. Akibatnya, kendaraan tidak bisa melintas untuk membawa bantuan bagi warga terdampak. Warga yang terdampak gempa pun berharap agar bantuan seperti makanan, obat-obatan, selimut dan petugas medis bisa segera datang. TEMPO / Hilman Fathurrahman W

GOOTO.COM, Jakarta - Wilayah Jawa Barat akhir-akhir ini dihantam bencana gempa, mulai dari Cianjur hingga Garut. Selain itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga melaporkan adanya gempa di wilayah Maluku Tenggara.

Maka dari itu para pengendara dan pemilik mobil harus berhati-hati dengan potensi gempa susulan yang terjadi di wilayah tersebut. Bagi kalian yang berada di dalam kendaraan, kemungkinan tidak akan merasakan getaran gempa bumi tersebut.

Karena guncangan gempa itu masih bisa diredam oleh suspensi mobil, terkecuali getarannya dalam skala yang sangat besar. Untuk mengetahuinya, pengendara bisa melihat kondisi sekitar, seperti pohon bergoyang, hingga kerumunanan orang-orang yang keluar dari rumah atau gedung.

“Bencana alam seperti gempa bumi dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Utamakan keselamatan diri. Perlu diketahui juga cara praktis untuk menyelamatkan diri dan kendaraan supaya terhindar dari masalah seperti kecelakaan atau tertimpa obyek yang roboh,” kata Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara.

Lalu bagaimana jika posisinya mobil yang sedang diparkir menjadi korban gempa? Auto2000 menjelaskan bahwa pemilik kendaraan sebaiknya tidak memaksakan untuk mengevakuasi mobil sendirian.

Karena hal itu menurut mereka bia membahayakan keselamatan Anda. Sebaiknya pemilik kendaraan menunggu kedatangan tim evakuasi datang dan membiarkan para ahli yang mempekerjakannya.

“Bila terjadi sesuatu pada mobil Toyota, AutoFamily dapat menghubungi  armada Emergency Roadside Assistance (ERA) AstraWorld, bila perlu ERA akan membawa mobil yang menjadi korban dengan mengevakuasi ke bengkel Auto2000 untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan,” kata Tiara.

ERA sendiri merupakan layanan darurat gratis selama 5 tahun khusus bagi pembelian mobil di Auto2000. Para pemilik mobil Toyota bisa menghuvungan ERA Astraworld di nomor 1500898 atau klik langsung di aplikasi Auto2000 Digiroom.

Baca juga: Tesla Siapkan Dana Rp 15 Triliun untuk Pabrik Mobil Listrik di Meksiko

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Gempa
#Tips
#Evakuasi
#Mobil
#Auto2000

 


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi