Waspada Terjadi Gempa Waktu Naik Motor, Begini Tips Amannya
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 29 April 2024 10:00 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengendarai motor keliling daerah terdampak gempa di Kampung Gasol 2, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Jumat, 25 November 2022. Ridwan Kamil turut salat Jumat bersama para korban gempa di kawasan tersebut. TEMPO/M Taufan Rengganis
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Gempa magnitudo 6,5 mengguncang Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu, 27 April 2024 pada pukul 23.29 WIB malam. Dikutip dari aplikasi X (Twitter) resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), @infoBMKG, lokasi gempa berada di 151 km barat daya Kabupaten Garut dengan kedalaman 10 km.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bencana gempa tersebut juga terasa hingga wilayah Jakarta. Saat terjadi gempa, satu hal yang penting untuk dilakukan adalah mewaspadai kondisi di sekitar apalagi jika sedang berkendara.

Dilansir dari Wahana Honda, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan saat terjadi gempa dengan posisi sedang berkedara motor:

1. Jauhi kendaraan besar

Setelah mencurigai atau menyadari terjadinya gempa bumi, hindarilah kendaraan berukuran besar seperti truk maupun bus. Hal ini bertujuan menghindarkan dari risiko tertimpa muatan yang dibawanya, atau malah kendaraan itu sendiri.Selain itu, hindarilah tiang listrik, pohon besar, maupun baliho yang juga berpotensi roboh akibat gempa bumi.

2. Kurangi kecepatan

Apabila tidak memungkinkan bagi Anda untuk segera menepi dan turun dari motor, maka kurangilah kecepatan berkendara hingga 10-20 kilometer per jam. Kemudian, carilah lahan atau tanah lapang yang aman untuk berhenti.

3. Tidak berhenti mendadak atau ngebut

Meski berusaha mencari tempat aman, jangan berhenti mendadak. Sebab, hal ini berisiko menimbulkan kecelakaan bagi Anda dan orang-orang lain di sekitar.Jangan pula memacu gas dan ngebut waktu terjadi gempa. Soalnya, guncangan akibat gempa bumi berisiko membuat motor semakin tidak stabil, dan malah berpotensi membuat terpelanting.

4. Rebahkan motor

Begitu mendapatkan area aman untuk berhenti, segera rebahkan motor. Jangan parkirkan motor dengan standar ganda maupun standar samping. Dalam posisi ini, motor bisa terjatuh dan mencelakai Anda dan orang lain yang ada di dekatnya.

Yang pertama harus diingat, ketika mengalami gempa bumi saat naik motor di jalan adalah berusaha sebisa mungkin agar tetap tenang dan tidak panik. Jangan memaksakan diri untuk tetap berkendara.

Apabila tidak memungkinkan untuk menyelamatkan motor karena guncangan gempa yang kuat, tinggalkan motor dan selamatkan diri dengan berjalan kaki.

Pilihan Editor: Hasil MotoGP Spanyol: Bagnaia Menangkan Pertarungan dengan Marc Marquez

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi