Tesla Siapkan Dana Rp 15 Triliun untuk Pabrik Mobil Listrik di Meksiko
Reporter: magang_merdeka
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 20 Desember 2022 09:22 WIB
Sebuah kendaraan Tesla melewati pabrik kendaraan utama Tesla setelah CEO Elon Musk mengumumkan bahwa ia menentang Lockdown terkait wabah Virus Corona dengan membuka kembali pabrik di Fremont, California, AS, 11 Mei 2020. REUTERS/Stephen Lam
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Tesla mengumumkan pembangunan pabrik mobil listrik di negara bagian Nuevo Leon, Meksiko. Dalam membangun pabriknya mereka menggelontorkan dana antara Rp 12 triliun hingga Rp 15 triliun.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dikutip dari laman Reuters, nantinya Tesla akan menginvestasikan total 10 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 156 triliun dengan mempertimbangkan beberapa aspek, terutama ekspansi di masa mendatang.

Pengumuman investasi tersebut menyusul kunjungan CEO Tesla Elon Musk ke negara perbatasan Texas pada Oktober. Pada saat itu Elon Musk dilaporkan telah bertemu dengan Gubernur Nuevo Leon Samuel Gracia dan Duta Besar AS untuk Meksiko Ken Salazar.

Gigafactory Meksiko ini direncanakan akan berdiri di pinggiran kota Monterry yang akan mulai membangun komponen Tesla saat ini. Kemungkinan pabrik ini juga akan membagun mobil listrik baru dengan biaya lebih rendah dari pabrik lain.

Akan tetapi Tesla belum mengatakan model mobil listrik apa yang nantinya akan diproduksi di pabrik Meksiko. Mereka juga belum mengatakan kapan memulai produksi kendaraan listriknya di pabrik tersebut.

Seorang Pejabat federal mengatakan jika berita terkait investasi lebih lanjut akan segera diumumkan, paling lambat sebelum Natal berlangsung.

Pada awal Desember lalu Tesla juga telah mengumumkan rencana pengiriman 100 unit truk Semi listriknya pada 2023. Truk listrik tersebut akan digunakan untuk mengangkut minuman Pepsi ke sejumlah toko, seperti Walmart dan Kroger.

KHOLIS KURNIA WATI | REUTERS

Baca juga: Tesla Bakal Bangun Pabrik Mobil Listrik di Meksiko, Ada Model Baru?

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi