Tips Mengemudi Mobil Manual di Tanjakan untuk Pemula
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 2 November 2021 16:30 WIB
Ilustrasi fokus mengemudi. (Chevrolet)

GOOTO.COM, Jakarta - Beberapa pemula mungkin bakal kesulitan mengendarai mobil manual saat berada ditanjakan. Sedangkan jalan menanjak sendiri bakal selalu hadir di setiap medan.

Sang sopir harus bisa mengelola kopling dan gas dengan tepat. Apabila keadaan memaksa pengendara berhenti di jalanan menanjak, maka mereka diharuskan pula memainkan rem tangan.

Kondisi inilah yang sering kali menjadi masalah bagi para pemula. Maka dari itu, kali ini redaksi Gooto.com merangkum beberapa tips mengemudi mobil manual ketika berada di tanjakan versi Auto2000.

Gunakan Gigi 1 dan 2

Sebagian pemula diketahui selalu menginjak pedal kopling setengah sambil menekan gas saat berada di tanjakan. Cara ini nyatanya akan membuat kopling cepat panas, bahkan bisa jebol.

Menurut Auto2000, ada cara yang lebih tepat untuk mengemudikan mobil manual di jalanan menanjak. Salah satunya adalah dengan menggunakan gigi 1 saat berada di tanjakan curam. Sedangkan gigi 2 digunakan pada tajakan sedikit landai.

Pakai Rem Tangan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, rem tangan dibutuhkan sopir saat berhenti di jalanan menanjak. Hal ini dilakukan agar mobil manual tidak turun.

Ketika ingin kembali memulai perjalanan, maka sang sopir diminta perlahan melepas pedal kopling dan menginjak gas dengan tempo yang tepat. Cara ini bisa dikatakan cukup sulit untuk dilakukan oleh para pemula.

Menginjak Pedal Rem dan Kopling Bersamaan

Tips ini mungkin agak sedikit susah, namun bisa dilakukan oleh para pemula. Caranya adalah menginjak pedal rem dan kopling dengan kaki kiri secara bersamaan. Saat melakukannya, pastikan Anda berada di posisi gigi 1.

Ketika kembali berjalan, injak pedal gas hingga sekitar 2.000 rpm, dan di waktu yang sama Anda juga mengangkat kaki kiri secara perlahan dari pedal rem dan kopling. Akan tetapi, kaki kiri Anda diminta untuk tetap berada di sana agar mudah untuk berhenti saat mobil di depan berhenti.

Baca: Tips Mengemudi Mobil Cegah Covid-19 dari Auto2000

AUTO2000

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-installaplikasi Telegram terlebih dahulu.

#Mobil Manual
#Tanjakan
#Tips
#Tips Mengemudi
#Mobil

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi